Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Bebek Kuah Kari Ala Bireuen

Kompas.com - 27/05/2014, 18:00 WIB
Kontributor Bireuen, Desi Safnita Saifan

Penulis

BIREUEN, KOMPAS.com - Kuliner satu ini begitu nikmat dan memang terkenal akan rasanya yang lezat. Bisa dipastikan kuliner ini mampu membuat siapapun ketagihan terutama mereka yang menyukai makanan berkuah atau kari.

Bu Sie Itek atau nasi daging bebek, demikian nama kuliner asal Kota Juang, Kabupaten Bireuen, Aceh. Tak sulit menjumpai pedagang yang menjajakan makanan tersebut. Datang saja ke Jalan Ramai, pusat Kota Bireuen, di sore hari. Di sana terdapat jejeran pedagang Bu Sie Itek.

Bu Sie Itek ini sendiri merupakan sebungkus nasi putih yang dicampur dengan gulai daging bebek yang dimasak menggunakan rempah-rempah seperti cabai, bawang, merica, lada, ketumbar, dan lainnya. Lalu dimasak lama untuk melembutkan daging bebek.

Aroma kuah berkari yang ditimbulkan cukup menyengat hidung. Per bungkus diberi harga Rp 13.000. Selain bebek, bisa pilih ayam, ikan, hingga pepes udang dan telur dadar.

”Banyak juga pelanggan yang minta mencampur daging bebek dengan menu tanbahan lain itu sesuai selera,” kata Marbawi, salah satu pedagang Bu Sie Itek.

Tentu saja, satu porsi campur seperti itu akan dikenakan harga tambahan. Kuliner nasi bebek ini diakuinya sudah turun-temurun dilakoni sejak masa orang tuanya. Akhirnya ia pun meneruskan usaha tersebut karena setiap harinya begitu laris.

”Mulai sore sampai tengah malam pun masih banyak pelanggan. Pagi dan siang kami manfaatkan untuk memasak daging bebek karena butuh waktu lama,” tambahnya.

Pantauan Kompas.com, pedagang nasi bebek di seputaran Kota Bireuen lebih kurang mencapai 30 orang yang berjualan bergilir. Ada yang khusus nasi pagi dan mayoritas sore dan malam hari. Kuliner ini sudah ada sejak sebelum konflik Aceh dan terpelihara hingga saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com