Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuningan, Pesona di Timur Jawa Barat

Kompas.com - 01/06/2014, 18:59 WIB
PARIWISATA dibentuk dari sebuah pemikiran dan modal dasar potensi yang terdapat di sebuah daerah tersebut. Dengan pemikiran “Nothing to Something” atau dari “Tidak Ada menjadi Sesuatu”, menjadikan salah satu cara membuat pariwisata mulai dibangun, dikembangkan, dipromosikan hingga ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Potensi-potensi wisata menarik yang telah dikembangkan dan siap untuk disuguhkan kepada para wisatawan domestik hingga mancanegara. Mulai dari wisata menikmati panorama keindahan alam, wisata sejarah nan edukatif, desa wisata, wisata modern, kuliner, treatment kesehatan, hingga pusat perbelanjaan yang lengkap pun hadir mewarnai Kabupaten Kuningan.

Tak hanya itu saja, Kabupaten Kuningan yang telah menjadi jembatan arus lalu lintas penghubung dari kota ke kota, menjadikan segala fasilitas dan insfrastuktur cukup baik. Kemudahan transportasi baik melalui darat, udara maupun laut melalui Cirebon, Majalengka, Ciamis dan Brebes sangatlah memudahkan wisatawan untuk mencapai Kabupaten Kuningan.

Untuk menuju Kabupaten Kuningan cukup mudah, dengan angkutan bus, mobil pribadi ataupun kereta api yang menyediakan tujuan Jakarta – Cirebon dengan kereta Cirebon Express ditempuh selama 3 jam. Selanjutnya dengan jarak yang hanya 35 km dari kota Cirebon atau dengan waktu hanya kurang lebih 1 jam ditempuh dengan kendaraan bermotor Anda bisa sangat cepat untuk sampai di sini.

SENDY ADITYA SAPUTRA Gedung Perundingan Linggarjati di Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.
Nah, Untuk Anda yang senang berpetualang, jangan lewatkan jika jalan-jalan ke Kabupaten Kuningan untuk mengunjungi Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. Sebuah kawasan konservasi yang terletak di Provinsi Jawa Barat, yang ditujukan untuk melindungi kekayaan hayati dan lingkungan di wilayah Gunung Ciremai.

Pendakian atau hiking merupakan salah satu aktifitas yang digemari para pendaki gunung jika mengunjungi Taman Nasional Gunung Ciremai. Gunung yang dikenal sebagai gunung tertinggi di Jawa Barat ini dengan ketinggian 3078 mdpl menjadi salah satu gunung primadona di Pulau Jawa. Medan pendakian yang dikenal menanjak dan curam ini menjadi keunikan tersendiri yang membuat adrenalin terpacu dan energi terasa terkuras habis jika kita berniat untuk mendaki hingga ke puncaknya.

Ada 3 Jalur pendakian di Gunung Ciremai ini untuk tiba di puncaknya, Jalur Linggarjati, Jalur Palutungan dan Jalur Apui. Ketiga jalur ini dikenal oleh para pendaki mempunyai tantangan dan keunikan tersendiri. Jika pendaki memilih untuk mendaki pada jalur Linggarjati, medannya cenderung menanjak dari awal perjalanan hingga menuju puncak. Untuk jalur Palutungan, medan pendakian terkesan landai dan memutar, jadi diperlukan ekstra waktu yang lama. Nah, jika jalur Apui medan pendakian cenderung menanjak tajam dan butuh ekstra tenaga lebih tetapi ditempuh dengan waktu yang sedikit cepat dibanding jalur Linggarjati dan Palutungan.

Air Terjun Putri

Nah, mungkin jika Anda jalan-jalan ke Taman Nasional Gunung Ciremai bukan untuk mendaki gunung, bisa menikmati wisata alam di Palutungan. Menikmati segarnya air terjun Putri yang terdapat dikawasan ini merupakan hal yang menarik untuk dicoba. Bersama keluarga, teman ataupun kerabat dekat berenang bermain sejuknya air nan jernih alami.

SENDY ADITYA SAPUTRA Air Terjun Putri di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.
Dengan waktu tempuh hanya 10 menit dari pintu masuk Palutungan, melalui anak tangga menurun Anda sudah tiba. Jika Anda ingin berenang disekitar air terjun besarnya, Anda bisa menyebrang sungai kecil dan menanjak sedikit untuk menikmati sejuknya air yang turun langsung dari ketinggian hampir 12 meter.

Kenikmatan alam di Palutungan ini tidak sampai di sini saja, kesejukan air terjun Putri yang telah Anda nikmati akan terasa lengkap apabila menyempatkan diri untuk singgah di warung-warung kecil yang berjajar di sekitar Palutungan. Berbagai jenis makanan dijajakan untuk melengkapi waktu liburan Anda disini.

Saksi Bisu Diplomasi Kedaulatan Indonesia

Nah, jalan-jalan Kabupaten Kuningan, seakan tidak lengkap apabila tidak menyempatkan diri untuk mengunjungi sebuah rumah yang mempunyai nilai sejarah tinggi di sini. Gedung Perundingan Linggarjati merupakan salah satu bangunan bersejarah di Indonesia yang berlokasi di Desa Linggajati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan. Letak gedung ini tepat di kaki Gunung Ciremai bagian tenggara, ke arah Utara dari kota Kuningan atau ke arah selatan dari kota Cirebon.

Jalan sejarah yang tiada henti dari bangunan ini, di mana 10-13 November 1946 berlangsung perundingan bersejarah antara pemerintah Republik Indonesia dengan pemerintah Kerajaan Belanda. Perundingan tersebut merupakan upaya perjuangan Indonesia melalui jalur diplomasi untuk mendapatkan kedaulatan bangsa.

SENDY ADITYA SAPUTRA Gedung Perundingan Linggarjati di Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.
Di antara isi pokok perjanjian Linggarjati yakni, Belanda mengakui secara de facto Republik Indonesia dengan wilayah kekuasaan yang meliputi Sumatera, Jawa, dan Madura. Republik Indonesia dan Belanda akan bekerja sama dalam membentuk negara Indonesia Serikat, yang salah satu negara bagiannya adalah Republik Indonesia. Dan Republik Indonesia Serikat dan Belanda akan membentuk Uni Indonesia-Belanda dengan Ratu Belanda selaku ketuanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com