Kompas.com - 02/06/2014, 11:59 WIB
EditorI Made Asdhiana
MUNTOK, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung berharap sektor pariwisata di daerah itu semakin berkembang sehingga bisa menjadi salah satu alternatif ekonomi baru masyarakat di ujung barat Pulau Bangka tersebut.

"Kami berharap setiap tahun (pariwisata) semakin berkembang karena daerah ini memang memiliki potensi luar biasa, baik dari sejarah, budaya maupun alam yang cukup mendukung," ujar Asisten I Bagian Pemerintahan dan Kesra Pemkab Bangka Barat, Zumrowi Achyar di Muntok, Minggu (1/6/2014).

Ia mengatakan, sebagai upaya nyata dari pemkab untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, pada Minggu digelar rangkaian kegiatan yang berhubungan dengan pariwisata dan pelaksanaannya juga di salah satu obyek wisata unggulan di daerah itu, yaitu di Pantai Baturakit, Muntok.

Menurut Zumrowi, rangkaian kegiatan pariwisata berupa lomba lari wisata 10 kilometer, lomba permainan gasing dan lomba cipta suvenir diharapkan mampu menjadi alternatif baru wisata di daerah itu. "Kami harapkan lomba ini ke depan juga mampu menjadi pendukung pariwisata daerah yang saat ini masih mengandalkan sektor sejarah," katanya.

Rangkaian kegiatan yang diselenggarakan di Pantai Baturakit yang bersebelahan dengan Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok itu juga sebagai salah satu upaya pemerintah setempat menyukseskan Tahun Kunjungan Wisata Babel.

KOMPAS/WISNU WIDIANTORO Aneka kue yang dijajakan pedagang di Muntok. Muntok juga terkenal dengan sebutan ”kota seribu kue”.
Kabupaten Bangka Barat memiliki potensi sangat besar dalam sektor pariwisata, namun selama ini kurang dikenal masyarakat luas. "Melalui kegiatan sehari ini kami harapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan, minimal masyarakat mengenal potensi Pantai Baturakit yang cukup indah ini," kata Zumrowi.

Hari Minggu, Pemkab Bangka Barat menggelar tiga lomba sekaligus dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah itu, meliputi lomba lari 10 kilometer yang dimulai dari Pos I Menumbing dan finish di Pantai Batu Rakit, dilanjutkan lomba cipta cendera mata khas Bangka Barat dan lomba permainan gasing. Kegiatan yang dimulai sejak pagi hari berlangsung cukup meriah dan dihadiri ribuan pengunjung ke lokasi wisata andalan Bangka Barat.

"Kami berharap ke depan kegiatan seperti ini semakin ditingkatkan dan mengundang peserta dari daerah lain agar pariwisata Bangka Barat tidak hanya dinikmati masyarakat lokal saja," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.