Kompas.com - 08/06/2014, 08:14 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
BANYUWANGI, KOMPAS.com - Baso Lobster. Jangan dibayangkan daging lobster yang dibentuk bulat-bulat. Tapi baso lobster benar-benar baso daging sapi dan lobster yang bertemu di dalam satu mangkuk. Ide ini muncul dari pertemanan 4 pemuda, Hilmi, Hasbi, Salim dan Hayu yang iseng-iseng membuat ternak lobster air tawar. Saat musim panen lobster, keempat pemuda ini kebingungan untuk memasarkannya. Sehingga mereka berpikir untuk mengelolanya sendiri

"Tiba-tiba terbersit saja buat baso lobster. Jika ada baso ceker kenapa nggak buat baso lobster? Awalnya memang rencana daging lobsternya digiling untuk dijadikan baso tapi kami takutnya konsumen nggak yakin kalau pakai lobster. Akhirnya iseng-iseng. Cemplung.... lobsternya kami masukkan ke dalam kuah baso," jelas Hilmi Yarisu Ardan (26), salah satu pencetus warung baso lobster kepada Kompas Travel sambil tertawa.

KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Bakso Lobster di Banyuwangi, Jawa Timur.
Ia mengaku dalam satu hari, warung mereka minimal menghabiskan 140 lobster. Latar belakang sebagai anak band membuat mereka mencoba-coba resep baso dan lobster beberapa kali. Untungnya Salim, salah satu rekan mereka pernah bekerja sebagai koki di salah satu hotel. "Salim yang mengeksekusi baso lobster jadi seperti sekarang dibantu dengan kami. Berkali-kali nyoba resep karena memang dasarnya nggak ada yang bisa masak," tutur Hilmi.

Saat ditanya tentang resep baso lobster, Salim sang juru masak yang juga pemain band mengaku resep basonya hampir sama dengan baso-baso lainnya. "Pilihan daging untuk basonya memang pilihan. Nah untungnya lobsternya kami ternak sendiri jadi benar-benar segar. Hanya tinggal dicampur bawang putih, bawang merah, lada dan bumbu rahasia untuk menjaga rasa lobsternya agar tidak hilang. Karena kalau bumbunya terlalu kuat, rasa lobsternya bisa hilang," jelas Salim.

KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Bakso Lobster di Banyuwangi, Jawa Timur.
Warung yang berada di Jalan Kepiting, Kabupaten Banyuwangi ini juga menyediakan dua jenis kuah yaitu kuah kaldu sapi dan kuah soto untuk menikmati baso yang kenyal serta lobster yang gurih. Tinggal ditambah sambel sesuai dengan keinginan, dijamin anda akan ketagihan. Jika anda ingin mencoba semangkuk baso lobster, maka anda hanya cukup menyiapkan kocek antara Rp 15.000 hingga Rp 30.000 untuk semangkuk baso lobster dengan pilihan usia lobster 5 bulan, 6 bulan dan 7 bulan. Inilah baso lobser karya anak band Banyuwangi...
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.