Kompas.com - 09/06/2014, 19:41 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F
JAKARTA, KOMPAS.com - Saat merencanakan perjalanan kebanyakan wisatawan Indonesia mulai melakukannya tiga hingga empat bulan sebelumnya. Hal tersebut terungkap dari TripAdvisor, situs perjalanan terbesar di dunia yang memaparkan tren perjalanan wisatawan Indonesia untuk Juni dan Juli.

Hasilnya, kebanyakan wisatawan Indonesia tertarik mengunjungi destinasi wisata domestik atau Asia. Sebagian besar mencari hotel berbintang 4 atau 5, serta paling tertarik dengan aktivitas luar ruangan, budaya, dan tentu saja berbelanja.

“Tren-tren ini merefleksikan apa yang dicari oleh komunitas TripAdvisor Indonesia selama berlibur yaitu petualangan, budaya, dan pengalaman unik," juru bicara TripAdvisor di Asia Pasifik Jean Ow-Yeong, seperti termuat dalam siaran pers yang diterima Senin (9/6/2014).

Destinasi wisata yang paling sering dicari wisatawan Indonesia:
1. Jakarta, Indonesia
2. Bali, Indonesia
3. Bandung, Indonesia
4. Singapura
5. Yogyakarta, Indonesia
6. Bogor, Indonesia
7. Surabaya, Indonesia
8. Bangkok, Thailand
9. Kuala Lumpur, Malaysia
10. Hongkong, Tiongkok

Sementara itu, destinasi wisata yang paling sering dicari wisatawan dari Jakarta antara lain (diurut dari peringkat pertama) Bandung, Singapura, Bogor, Yogyakarta, dan Bangkok. Sedangkan wisatawan asal Surabaya  mengincar destinasi wisata (diurut dari peringkat pertama) yaitu Malang, Singapura, Yogyakarta, dan Kota Batu. Sedangkan destinasi wisata yang paling sering dicari wisatawan asal Bandung antara lain Jakarta, Singapura, Yogyakarta, Bogor, dan Pangandaran.
 
Selain itu, data tersebut juga menunjukkan bahwa wisatawan Indonesia adalah wisatawan yang aktif. Seperempat dari pencarian di Tripadvisor adalah untuk aktivitas luar ruangan, diikuti dengan pengalaman budaya (15 persen), dan belanja (10 persen). Untuk penginapan, lebih dari dua pertiga pencarian hotel wisatawan Indonesia adalah hotel bintang empat dan lima. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.