Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

40 Fotografer Internasional Potret Keindahan Lombok

Kompas.com - 18/06/2014, 11:35 WIB
MATARAM, KOMPAS.com - Sebanyak 40 fotografer internasional dari 25 negara didampingi 25 fotografer lokal melakukan pemotretan selama lima hari di berbagai obyek wisata dan ragam budaya di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

"Fotografer profesional itu antara lain berasal dari Amerika Serikat, Australia, Prancis, Inggris, Belgia, Kanada, Italia, Spanyol, Swedia, Turki, Finlandia, Irlandia, Norwegia, Rusia, Serbia, Tunisia, Oman, Sri Lanka, Maroko, Mesir, Uni Emirat Arab, Tiongkok, Myanmar dan Thailand," kata Wati Murani, pejabat Kemenparekraf selalu panitia kegiatan tersebut, di Mataram, Selasa (17/6/2014).

Selama berada di Pulau Lombok, sejak 13 Juni lalu, para peserta telah diajak berkunjung ke sejumlah destinasi, serta menyaksikan atraksi wisata yang ada di wilayah Kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah dan Lombok Utara.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Penjual suvenir di Gili Air, Lombok, NTB.
"Kunjungan para fotografer dunia ke Lombok ini merupakan rangkaian kegiatan bertajuk International Photo Week Indonesia 2014 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," kata Wati.

Menurut Wati, kegiatan menyasar empat daerah di Indonesia yang dinilai memiliki spot-spot obyek fotografi menarik, yaitu Jakarta, Buton, Labuhan Bajo, dan Lombok.

Dari sisi promosi pariwisata Lombok, lanjut Wati, kedatangan para fotografer yang masih aktif memotret dan memiliki jaringan luas di berbagai media sosial ini tentu sangat tepat. Apalagi peserta yang diundang adalah mereka yang pernah memenangi kontes fotografi di negaranya masing-masing.

"Harapan kami, kegiatan ini ke depan bisa terus berkelanjutan," katanya.

Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi melalui Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB H Muhammad Nasir menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaannya, karena Lombok terpilih sebagai salah satu daerah tujuan pemotretan.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Perajin gerabah di Desa Banyumulek, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Senin (1/7/2013).
"Sebagai daerah tujuan wisata, Pulau Lombok memiliki alam yang sangat indah dan kaya dengan aneka ragam seni budaya. Namun anugerah itu akan menjadi sia-sia kalau tidak dipromosikan secara kontinyu. Karenanya, melalui ajang pemotretan yang dilakukan para fotografer internasional ini, diharapkan dapat menjadi salah satu langkah promosi agar pariwisata Lombok lebih dikenal masyarakat dunia," kata Nasir.

Gubernur juga berharap pengalaman para fotografer ketika berburu keindahan obyek pemotretan di berbagai destinasi wisata, menyaksikan ragam seni dan budaya, serta menikmati kelezatan aneka kuliner Lombok, sehingga menjadi sebuah cerita indah yang berkesan dan tidak terlupakan.

"Setelah sampai di negara mereka masing-masing nanti, ceritakan keindahan Lombok kepada keluarga, sahabat, rekan kerja, maupun kolega. Kami warga Lombok menantikan kembali kunjungan anda," ujar Nasir.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Pura Batubolong di Mataram, NTB.
Sementara itu, Qwadru Putro Wicaksono, salah seorang fotografer lokal yang turut mendampingi para fotografer internasional selama lima hari melakukan pemotretan, menilai bahwa mendatangkan secara langsung para fotografer internasional ke Lombok, merupakan langkah yang tepat untuk promosi pariwisata NTB, khususnya Lombok.

Masyarakat NTB juga patut berbangga, karena dibandingkan daerah-daerah lain di Indonesia yang menjadi lokasi pemotretan, para fotografer dunia ini ternyata lebih lama singgah di Lombok.

"Waktu singgah yang lima hari, itu pun tidak semua obyek destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Kami hanya bisa menjangkau wilayah Lombok Barat, Lombok Tengah, dan Lombok Utara saja," ucap Qwadru.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Gili Trawangan, Lombok, NTB.
Di Lombok Barat, tambahnya, para peserta diajak berkunjung ke Pasar Seni Sesela, pusat kerajinan gerabah di Banyumulek, menonton olahraga tradisional Malean Sampi (Balapan Sapi) di Nyurlembang-Narmada, melihat peninggalan situs sejarah Taman dan Pura Narmada, serta mengabadikan keindahan sunset (matahari terbenam) di Pura Batu Bolong.

Sedangkan di Lombok Tengah, peserta selain melihat secara langsung keseharian hidup warga dusun tradisional di Desa Sade, mereka juga dibawa berkunjung ke pusat kerajinan tenun di Desa Sukarara, Pantai Kuta, Pantai Aan, dan Batu Payung.

"Di pantai Aan, peserta juga melihat atraksi olahraga tradisional balapan kuda dengan joki anak-anak usia sekolah dasar," ucap Qwadru seraya menyampaikan, kunjungan terakhir di Lombok Utara untuk menyaksikan upacara adat Begawe Beleq (acara besar) di dusun tradisional Desa Bayan.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Warga Desa Sade di Lombok Tengah, Nusa Tenggaara Barat. Di sini wisatawan dapat melihat kehidupan dan rumah adat Suku Sasak. Warga juga menjual aneka kerajinan seperti gelang dan kalung untuk dijual kepada wisatawan.
Ia menyebutkan, karena tidak semua obyek wisata Lombok bisa dikunjungi, maka Komunitas Fotografi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB juga menggelar Pameran Foto Lombok dan Sumbawa, berisikan materi-materi foto tentang obyek wisata dan seni budaya yang ada di Pulau Lombok dan Sumbawa.

"Harapan kami, setelah melihat foto-foto yang kami pamerkan, para fotografer internasional ini ke depan akan berkunjung kembali, baik ke Lombok maupun Sumbawa," tambah Qwadru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com