Berburu Pie Susu Khas Bali

Kompas.com - 19/06/2014, 10:13 WIB
KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F. Pie susu, oleh-oleh khas Bali.
KOMPAS.com - Camilan ukuran kecil nan tipis ini adalah salah satu oleh-oleh khas Bali yang diburu turis. Baik turis domestik maupun mancanegara selalu berburu camilan ini saat berkunjung ke Bali.

Tak jarang, sekali beli bisa berkotak-kotak banyaknya. Karena begitu diburu, mencarinya pun lumayan sulit. Pie Susu, begitu camilan ini diberi nama. Bentuknya bulat dan pipih. Layaknya pie dengan kulit yang garing dan di tengahnya adalah susu.

Adonan tepung dan susu dibakar dalam oven. Lalu dikemas dalam plastik satuan. Rasanya legit di tengah dan rasa polos tepung di pinggir. Secara keseluruhan teksturnya begitu lembut dan lumer di lidah. Rasa manis juga berpadu apik, sehingga tidak terasa terlalu manis menghentak.

Ada banyak merek Pie Susu yang beredar di Bali. Tetapi merek yang paling terkenal adalah "Pie Susu Asli Enaaak" yang sudah ada sejak tahun 1989. Sesuai namanya, rasanya memang benar-benar enak.  Agak susah mendapatkan Pie Susu merek ini di toko-toko bebas.

Cara termudah adalah datang langsung ke toko sekaligus tempat pembuatannya. Toko pusatnya berada di Jalan Nangka Selatan Nomor 163, Denpasar. Namun, walau datang langsung, bukan jaminan Anda bisa langsung membelinya.

Jika nekat langsung datang tanpa memesan, sebaiknya datang di pagi hari. Saat itu, masih ada beberapa stok Pie Susu yang tersedia. Kalau datang siang, sudah dipastikan stok Pie Susu sudah habis.

Baiknya, pesan terlebih dahulu dua hari sebelumnya. Bisa pesan melalui nomor telepon (0361) 263138. Cabang lainnya ada di Jalan Wahidin Nomor 35, Denpasar, dan Jalan Dewi Sri VIII Blok B-8, Pertokoan Kuta Plaza.

Harga per kotak Rp 25.000 untuk isi 10 buah. Paling laku tentu saja rasa original. Namun, sebenarnya ada beberapa rasa lainnya yang tersedia seperti rasa cokelat. Pie Susu yang dibeli sebaiknya langsung dimasukkan ke kulkas agar awet dan bisa tahan hingga seminggu.

Selain, Pie Susu Asli "Enaaak", pilihan merek lain bisa Pie Susu Dhian. Tokonya juga berada di Jalan Nangka, tak jauh dari "Pie Susu Asli Enaak". Nah, jika berlibur ke Bali, jangan lupa segera pesan Pie Susu sebelum kehabisan.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorI Made Asdhiana

Close Ads X