Martha Tilaar Siapkan Museum di Gombong - Kompas.com

Martha Tilaar Siapkan Museum di Gombong

Kompas.com - 19/06/2014, 19:39 WIB
KOMPAS/IWAN SETIYAWAN Martha Tilaar.
PENGUSAHA kosmetik Martha Tilaar (76) sedang menyiapkan museum perjalanan hidupnya di Gombong, Jawa Tengah. Museum Martha Tilaar yang menurut rencana diresmikan bertepatan dengan Hari Ibu pada akhir tahun 2014 ini didirikan untuk memotivasi orang-orang kampung agar tidak minder dengan hidup mereka, tetapi terus bertekad kuat untuk maju.

”Saya juga anak kampung, tapi bisa go global. Ini karena ibu saya yang mendorong saya belajar ke arah keterampilan yang membuat saya kreatif dan terus berinovasi. Padahal, saya di sekolah anak bodoh,” kata Martha yang jadi salah seorang anggota Global Compact Board yang merupakan badan penasihat tertinggi pada Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Dengan dukungan suaminya, HAR Tilaar, Martha percaya diri tampil di forum-forum dunia sebagai pembicara, baik sebagai pengusaha maupun komitmennya pada pemberdayaan perempuan.

Di museum yang didirikan di rumah nenek moyang Martha ini, pengunjung dapat melihat perjalanan hidup Martha yang memulai bisnisnya dari nol, bahkan berjualan di tepi jalan. Namun, pada akhirnya bisa jadi perusahaan kosmetik yang dikenal dunia.

Di museum ini juga akan disediakan kegiatan pemberdayaan bagi perempuan desa, mulai dari membuat tas pandan hingga batik dengan desain yang diminati pasar. (ELN)


EditorI Made Asdhiana

Close Ads X