Kompas.com - 23/06/2014, 14:13 WIB
Keindahan obyek wisata Alif Stone Park di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. KOMPAS/RIZA FATHONIKeindahan obyek wisata Alif Stone Park di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.
EditorI Made Asdhiana
TANJUNG PINANG, KOMPAS.com - Pertama kalinya Bintan Jazz 2014 digelar di Pantai Trikora, Bintan, Kepulauan Riau, Sabtu (21/6/2014). Kegiatan yang digelar Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) ini bertujuan untuk mempromosikan pariwisata Pulau Bintan agar lebih banyak menarik wisatawan. Bintan Jazz 2014 menghadirkan wonderful band dan penyanyi Audrey.

Ketua BPPI Yanti Sukamdani mengatakan tujuan konser jazz ini untuk mempromosikan potensi kekayaan destinasi wisata Kepulauan Riau, khususnya Bintan kepada wisatawan mancanegara.

"Berwisata ke Pulau Bintan, wisatawan tidak hanya disuguhi keindahan pantai pasir putih yang eksotis, air laut yang jernih, aneka batu karang, hutan mangrove dan berbagai olahraga bahari, tetapi juga resor yang menawan," ujar Yanti saat membuka Bintan Jazz 2014 di Pantai Trikora, Bintan, Kepri, Sabtu (21/6/2014).

Pada kesempatan sama, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar menjelaskan Kepulauan Riau dengan Pulau Bintan telah menyelenggarakan acara yang sudah terkenal di mancanegara, seperti Tour de Bintan dan Bintan Triathlon.

"Dengan event Bintan Jazz ini tentu akan semakin melengkapi Bintan sebagai destinasi unggulan di Indonesia," ujar Sapta.

Wamenparekraf menambahkan, akses ke Pulau Bintan sudah cukup memadai, baik melalui udara maupun laut yakni Pelabuhan Bintan Telani dan Sri Bintan Pura di Tanjung Pinang.

DOK KEMENAG.GO.ID Masjid Raya Sultan Riau di Pulau Penyengat Indera Sakti, Kecamatan Tanjung Pinang Barat, Kepulauan Riau.
Konser jazz ini tentunya menarik perhatian masyarakat sekitar dan wisatawan asing. Mereka terlihat antusias asyik menikmati konser jazz yang pertama kali digelar di Pantai Trikora ini. Namun sayangnya gubernur dan bupati setempat berhalangan hadir di kegiatan ini.

Pulau Bintan merupakan kepulauan terbesar di Provinsi Kepulauan Riau yang terdiri dari 3.000 pulau besar dan kecil terbentang di seberang Singapura dan Johor Bahru Malaysia.

Bintan memiliki banyak pantai yang menjadi lokasi wisata, dengan kondisi dan iklim yang eksotis. Di pulau ini wisatawan juga dapat menikmati wisata sejarah dan budaya lokal, termasuk Istana Kota Piring yang terletak di Pulau Biram Dewa atau Tugu Pensil, dan gurindam gubahan Raja Ali Haji di Pulau Penyengat yang merupakan ikon Kota Tanjung Pinang. Tak ketinggalan seafood segar dengan harga terjangkau menjadi makanan andalan wisatawan saat berpelesir di Pulau Bintan. (*)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.