Kompas.com - 26/06/2014, 16:33 WIB
Museum Mulawarman di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. BARRY KUSUMAMuseum Mulawarman di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.
EditorI Made Asdhiana
TENGGARONG, KOMPAS.com - Kabupaten Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur dinilai layak menyelenggarakan lomba perahu naga (dragon boat) karena telah resmi menjadi anggota International Dragon Boat Federation (IDBF).

Sertifikat keanggotaan IDBF diserahkan langsung oleh Senior Officer IDBF Jason Chen kepada Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari pada penutupan lomba perahu naga internasional bertajuk Mahakam International Dragon Boat Festival di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Sabtu (21/6/2014) lalu. Sertifikat tersebut sebelumnya hanya dimiliki oleh Provinsi Sumatera Barat dan Sulawesi Selatan.

"Kutai Kartanegara merupakan kabupaten pertama di Indonesia yang menerima sertifikat keanggotaan IDBF," ujar Rita Widyasari.

Menurut Rita, lomba perahu naga akan menarik wisatawan sekaligus menjadi ajang bagi atlet Kutai Kartanegara untuk mengejar prestasi. Kompetisi tersebut akan rutin diagendakan dalam Festival Erau.

Mahakam International Dragon Boat Festival yang dilaksanakan di Pulau Kumala, memanfaatkan alur Sungai Mahakam antara Pulau Kumala dengan turap di Timbau Tenggarong sebagai lintasan lomba. Menurut Jason Chen, jalur tersebut sangat pantas untuk perlombaan internasional. Fasilitas hotel di sekitarnya pun menunjang akomodasi untuk para atlet.

KOMPAS IMAGES/VITALIS YOGI TRISNA Peserta mengikuti lomba perahu naga Musi Triboatton di Palembang, Sumatra Selatan, Senin (3/12/2012). Musi Triboatton adalah lomba tiga jenis perahu (kano, naga, karet) dengan mengarungi Sungai Musi sejauh 500 kilometer yang melewati Kabupaten Empat Lawang, Musi Rawas, Musi Banyuasin, Banyuasin dan Palembang.
Sementara itu, selain memiliki sumber daya alam melimpah, Kabupaten Kutai Kartanegara juga berpotensi besar dalam pariwisata. Panorama alam yang dibelah hutan hujan tropis adalah salah satunya. Budaya masyarakat setempat juga unik dan menarik untuk ditelusuri.

Kota Tenggarong, ibu kota Kutai Kertanegara merupakan tujuan wisata utama di kabupaten ini. Destinasi tersebut dapat ditempuh kurang lebih 2,5 jam dari Kota Balikpapan dan sekitar 30 menit dari Samarinda dengan taksi maupun bus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lomba perahu naga merupakan perayaan budaya tradisional Tiongkok yang sudah berumur lebih dari 2000 tahun. Sebagai sebuah lomba, perahu naga telah menjadi sebuah olahraga air yang populer bukan saja di Asia Timur dan Asia Tenggara tetapi juga telah menyebar ke Amerika Serikat dan Kanada, Australia, Eropa, Afrika, dan Karibia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X