Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Papua Dorong Pengembangan Pariwisata

Kompas.com - 28/06/2014, 14:37 WIB
JAYAPURA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Jayapura, Papua, terus mendorong pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di daerah itu, salah satunya dengan memberikan bantuan kepada puluhan sanggar seni budaya.

"Pemerintah terus memperhatikan pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di Kota Jayapura, seperti memberikan bantuan kepada 50 sanggar seni budaya," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Jayapura, Bernard Fingkruew di Jayapura, Papua, Sabtu (28/6/2014).

Dia mengatakan, industri kreatif, seni dan budaya yang ada di daerah itu perlu terus didorong, sehingga pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di kota Jayapura bisa terus digali dan bisa berdampak pada peningkatan pemenuhan ekonomi masyarakat.

Seperti memperhatikan sanggar-sanggar seni budaya yang ada di Kota Jayapura agar terus tetap eksis mempertahankan seni dan budaya setempat sehingga tidak terkikis dengan kemajuan zaman.

"Jadi bantuan yang diberikan kepada puluhan sanggar seni budaya itu sebagai bentuk pembinaan. Dan ini akan dilakukan secara berkelanjutan tentunya dengan pengawasan," ujarnya.

Untuk itu, mantan Kepala Dinas Kebersihan dan Pemakaman Kota itu harapkan, bantuan yang diberikan tersebut bisa dipergunakan sebaik mungkin sesuai dengan peruntukannya.

KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F. Lukisan kayu kulit di Pulau Asei, Danau Sentani, Jayapura.
"Pariwisata dan pengembangan ekonomi kreatif harus dikembangkan untuk menjadi nilai jual bagi para turis atau pengunjung yang datang ke Kota Jayapura ini melalui tari-tarian yang dipersembahkan oleh sanggar-sanggar seni budaya yang ada," katanya.

Sehari sebelumnya, Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat memberikan bantuan kepada 50 sanggar seni budaya yang ada di daerah itu.

Masing-masing sanggar diberikan uang pembinaan sebesar Rp 6 juta dengan sumber dana yang diambil dari Dana Alokasi Umum, dan bantuan tersebut diberikan langsung oleh Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com