Kompas.com - 28/06/2014, 16:41 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAKARTA, KOMPAS.com – Bulan puasa yang bertepatan dengan liburan sekolah dimanfaatkan oleh masyarakat Jakarta dan sekitarnya untuk mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Hal ini ditandai dengan adanya peningkatan pengunjung dibanding hari-hari biasa.

"Total pengunjung per harinya bisa mencapai kurang lebih 10.000 orang di musim liburan sekolah dan awal puasa ini," tutur Humas dan Litbang TMII Jerrimias Lahama, di Jakarta, Sabtu (28/6/2014).

Menurut Jerrimias, peningkatan pengunjung ini akan terus terjadi hingga libur awal puasa berakhir. Jerrimias mengungkapkan, setelah libur awal puasa ini, jumlah pengunjung akan kembali seperti biasa, bahkan bisa jadi menurun dari hari biasa.

"Setelah memasuki bulan Ramadhan, rata-rata wisatawan malas untuk berpergian, nanti baru ramai lagi ketika Lebaran," jelas Jerrimias.

Jerrimias menjelaskan untuk mengantisipasi sepinya pengunjung di bulan Ramadhan, pihak TMII akan menyiapkan beberapa paket diskon dan tiket terusan bagi rombongan wisatawan.

"Kita juga akan mengadakan Festival Ramadhan dari tanggal 13 hingga 20 Juli nanti," tutur Jerrimias.

Untuk wahana TMII sendiri, Keong Mas menjadi wahana yang paling banyak dikunjungi. Jerrimias juga menuturkan bahwa ada empat wahana lainnya di area TMII seperti Skylift, Snow Bay, Dunia Air Tawar, dan Istana Anak, yang menjadi favorit pengunjung.

Frida, salah satu pengunjung asal Bekasi mengungkapkan dirinya sengaja memanfaatkan waktu liburan awal puasa ini untuk berekreasi bersama anaknya. Waktu libur yang cukup panjang ini dimanfaatkan untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada anaknya.

"Tadi saya abis naik Skylift terus masuk ke anjungan-anjungan daerah. Anjungannya lumayan bagus untuk pendidikan anak. Kalau nggak di TMII, anak saya tahu dari mana lagi bentuk rumah-rumah adat daerah," tutur Frida.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.