Kompas.com - 04/07/2014, 20:19 WIB
Tentara nasional atau tsoliades di Yunani mengenakan seragam yang dengan bagian bawah yang berbentuk rok. NUR FEBRIANI WARDITentara nasional atau tsoliades di Yunani mengenakan seragam yang dengan bagian bawah yang berbentuk rok.
EditorNi Luh Made Pertiwi F
­­ KOMPAS.com - Kebiasaan saya ketika berjalan-jalan ke luar negeri adalah memotret segala hal yang unik, lucu, dan berkesan. Sebelumnya, saya sudah pernah menulis "7 Catatan Haram Keliling Dunia di Santorini". Sekarang saya akan menceritakan tujuh catatan paling menarik dan unik dari perjalanan saya ke Athena, ibu kota Yunani yang terkenal dengan dewa-dewinya. Sudah penasaran kan? Mari kita simak.

1. Tentara Pakai Rok

Seperti seragam tradisional Skotlandia atau Romawi, tentara nasional atau tsoliades di Yunani juga mengenakan seragam yang sering diidentikkan dengan perempuan, yaitu bagian bawah yang berbentuk rok.

Seragam ini dinamakan ‘Foustanela’. Tidak cukup hanya roknya yang unik, ornamen di sepatunya juga sangat imut untuk ukuran seorang tentara. Coba perhatikan saja.

2. Innova

NUR FEBRIANI WARDI Innova, motor di Athena, Yunani.
Saat berjalan kaki menyusuri kota Athena, saya cukup terperangah dengan penemuan yang satu ini. Kalau di Indonesia, Innova harganya Rp 200 juta ke atas. Saya yakin Innova ala Yunani ini tidak lebih dari Rp 20 juta.

3. Pasar Ikan

“Lain lubuk lain ikannya," demikian kata pepatah. Lain kota, belum tentu lain ikannya. Namun yang sudah pasti, pasar ikannya berbeda dari pasar-pasar ikan yang pernah saya masuki di Indonesia.

NUR FEBRIANI WARDI Pasar ikan di Kota Athena, Yunani
Pasar ikan di kota Athena ini terasa mewah sekali bagi saya. Bagaikan sebuah stasiun kereta. Beberapa televisi layar datar digantung begitu saja berjajar, bahkan tanpa ‘sangkar’ besi!

4. Kuaci

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X