Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuh Catatan "Haram Keliling Dunia" di Athena

Kompas.com - 04/07/2014, 20:19 WIB
­­ KOMPAS.com - Kebiasaan saya ketika berjalan-jalan ke luar negeri adalah memotret segala hal yang unik, lucu, dan berkesan. Sebelumnya, saya sudah pernah menulis "7 Catatan Haram Keliling Dunia di Santorini". Sekarang saya akan menceritakan tujuh catatan paling menarik dan unik dari perjalanan saya ke Athena, ibu kota Yunani yang terkenal dengan dewa-dewinya. Sudah penasaran kan? Mari kita simak.

1. Tentara Pakai Rok

Seperti seragam tradisional Skotlandia atau Romawi, tentara nasional atau tsoliades di Yunani juga mengenakan seragam yang sering diidentikkan dengan perempuan, yaitu bagian bawah yang berbentuk rok.

Seragam ini dinamakan ‘Foustanela’. Tidak cukup hanya roknya yang unik, ornamen di sepatunya juga sangat imut untuk ukuran seorang tentara. Coba perhatikan saja.

2. Innova

NUR FEBRIANI WARDI Innova, motor di Athena, Yunani.
Saat berjalan kaki menyusuri kota Athena, saya cukup terperangah dengan penemuan yang satu ini. Kalau di Indonesia, Innova harganya Rp 200 juta ke atas. Saya yakin Innova ala Yunani ini tidak lebih dari Rp 20 juta.

3. Pasar Ikan

“Lain lubuk lain ikannya," demikian kata pepatah. Lain kota, belum tentu lain ikannya. Namun yang sudah pasti, pasar ikannya berbeda dari pasar-pasar ikan yang pernah saya masuki di Indonesia.

NUR FEBRIANI WARDI Pasar ikan di Kota Athena, Yunani
Pasar ikan di kota Athena ini terasa mewah sekali bagi saya. Bagaikan sebuah stasiun kereta. Beberapa televisi layar datar digantung begitu saja berjajar, bahkan tanpa ‘sangkar’ besi!

4. Kuaci

Jauh-jauh ke Yunani, saya di-bully teman-teman karena membawa oleh-oleh berupa kuaci. Tetapi bukankah ini menarik, makanan yang istilahnya "hanya mengotori gigi" ini juga rupanya digemari oleh bangsa keturunan para filsuf.

NUR FEBRIANI WARDI Kuaci dijajakan di Athena, Yunani.
5. Bawang putih

Kalau ada sebuah profesi yang paling saya tidak mengerti di kota Athena ini maka saya akan menyebut: Penjual Bawang Putih. Saya tidak mengerti seberapa spesial bawang putih ini sampai-sampai ia harus dijajakan di tepi jalan, bukannya di toko atau kedai spesialis bumbu-bumbuan.

NUR FEBRIANI WARDI Penjual bawang putih di Athena, Yunani.
Para penjual bawang ini terlihat sangat fokus, tidak ada bawang merah atau bawang bombai yang mereka jual. Hanya bawang putih saja. Keunikannya tidak cukup sampai di situ. Penjualnya pun juga unik. Bukan ibu-ibu seperti yang sering kita lihat di pasar tradisional, tetapi anak muda gagah dengan rambut bergaya Mohawk!

6. Phytagoras

Sewaktu belanja membeli suvenir di sebuah toko, saya melihat deretan magnet kulkas yang cukup unik. Setiap magnet kulkas berbentuk filsuf terkenal dari Yunani.

NUR FEBRIANI WARDI Magnet kulkas bergambar tokoh-tokoh filsuf merupakan suvenir khas Athena, Yunani.
Sebut saja, ada Aristoteles, Socrates, Hippocrates, dan kawan-kawannya. Magnet yang paling unik menurut saya adalah Phytagoras, karena di antara sosok para pemikir itu, hanya dia yang mengenakan semacam sorban.

7. Kebun Binatang dalam Taman

NUR FEBRIANI WARDI Kebun binatang yang ada di dalam kawasan Taman Nasional di Kota Athena, Yunani
Penemuan menarik terakhir adalah kebun binatang yang ada di dalam kawasan Taman Nasional di Kota Athena. Sebenarnya meletakkan hewan di dalam taman bukanlah hal yang membuat dahi mengernyit.

NUR FEBRIANI WARDI Kota Athena, Yunani.
Tetapi jenis hewan yang dipertontonkan di dalam taman ini benar-benar membuat saya geleng-geleng kepala dan sedikit menutup hidung karena cukup bau. Dari jenis unggas seperti burung merpati, ayam, bebek, dan angsa hingga jenis mamalia seperti kelinci dan kambing ada di sini! (Nur Febriani Wardi, penulis buku "Haram Keliling Dunia" terbitan Gramedia Pustaka Utama 2013. Penulis bisa dihubungi melalui email haramkelilingdunia@gmail.com atau melalui twitter @enefwe)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com