Kompas.com - 06/07/2014, 12:21 WIB
EditorI Made Asdhiana
MENU makan di Brasil tak banyak berbeda dengan di Indonesia. Salah satu cirinya terlihat dari kehadiran nasi dalam picanha, paket menu populer di Brasil, termasuk di Rio de Janeiro.

Picanha terdiri dari nasi, daging sapi, kentang goreng, dan olahan telur. Satu porsi picanha di restoran cukup terpandang di Rio de Janeiro seperti Petisco da Vila di Vila Isabel rata-rata seharga 60 real Brasil atau sekitar Rp 324.000.

Harga di restoran lainnya bisa lebih murah, sekitar 20 real Brasil atau Rp 100.000-an.

Menu utama picanha adalah daging sapi yang disajikan berlapis-lapis. Untuk perut orang Indonesia, satu porsi picanha sulit untuk dihabiskan sendiri. Rata-rata, satu menu bisa dihabiskan bersama tiga tamu asal Indonesia. Itu pun sering bersisa, dan biasanya dibungkus untuk dibawa pulang.

Menu lain yang juga khas Brasil adalah churrasco. Ini jajanan pinggir jalan. Berbeda dari jajanan di Indonesia yang didominasi gorengan, batagor, atau makanan jenis lain yang ”ringan”, churrasco terasa berat untuk orang Indonesia karena didominasi daging.

Churrasco berarti daging bakar, mirip sate. Hanya saja, potongan dagingnya jauh lebih besar. Kebanyakan churrasco adalah daging sapi bakar. Namun, penjual churrasco juga menyediakan daging ayam, kambing, dan babi.

Tanpa tusuk

Penyajian churrasco juga berbeda. Jika sate disajikan sekalian dengan tusuknya, churrasco tidak.

Lira, pedagang churrasco di kawasan Vila Isabel, Rio de Janeiro, setelah membakar daging lalu mengiris-iris daging itu dalam potongan kecil-kecil.

Irisan itu lalu diletakkan di piring kecil, bersamaan dengan bumbu dari olahan telur. Lira tinggal melengkapi dengan garpu kecil. Maka, siaplah churrasco dihidangkan kepada tamu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.