Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Wisata Semarang-Pekalongan Diluncurkan

Kompas.com - 12/07/2014, 08:17 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) IV Semarang, Jawa Tengah meluncurkan kereta api khusus wisata untuk rute Semarang-Pekalongan. Kereta yang diluncurkan bernama KA Pekalongan Ekspres, yang diresmikan Jumat (11/7/2014). Kepala Daop IV Semarang, Wawan Ariyanto di Semarang mengatakan peluncuran kereta ini demi memberikan kontribusi langsung bagi perkembangan pariwisata di Jawa Tengah.

"Kami memanfaatkan ide dari peluncuran kereta Kamandaka jurusan Semarang-Purwokerto. Ternyata usai diluncurkan, frekuensi permintaan arah barat tinggi cukup tinggi. Di jalur itu sudah ada Kamandaka, Kaligung. Tapi masih kurang, sehingga kami menjawab kebutuhan okupansi itu dengan membuka jalur kereta tambahan ini," kata Wawan.

Kereta KA Pekalongan Ekspres ini kereta ekonomi AC yang akan melayani rute dari Stasiun Semarang Tawang - Semarang Poncol - Weleri (Kendal) - Plabuan (Batang) - Pekalongan. Untuk bisa menaiki kereta ini, pihak manajemen mematok tiket Rp 25.000 hingga Rp 40.000.

Jarak tempuh untuk Semarang-Pekalongan hanya 1,5 jam. Dari Semarang kereta berangkat pukul 10.30 WIB, sampai Pekalongan pukul 12.04 WIB. "Target kita untuk keterisian penumpang sekitar 60 persen. Bulan depan kami targetkan naik hingga 75-80 persen," ujar Wawan.

Pihak KAI memproyeksikan peresmian kereta untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pantai Plabuan Batang. Tempat itu dikenal dengan keasrian dan keindahan pantainya. Kereta api akan berhenti di stasiun tersebut selama 6 menit untuk sekadar melihat keindahan pantai. "Kami tentu berharap adanya akses ini bisa menambah jumlah wisatawan yang berkunjung ke berbagai kabupaten/kota di Jawa Tengah. Dengan begitu, perekonomian di daerah yang disinggahi kereta bisa tumbuh dengan baik," tambah Wawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com