Kompas.com - 12/07/2014, 11:55 WIB
Wisatawan mengunjungi lokasi wisata Pura Ulu Watu, Bali, Selasa (1/1/2011). KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Wisatawan mengunjungi lokasi wisata Pura Ulu Watu, Bali, Selasa (1/1/2011).
EditorNi Luh Made Pertiwi F
KOMPAS.com - Dengan pesatnya perkembangan maskapai berbiaya rendah dan penerbangan rute pendek, YAM, sebuah saluran televisi Taiwan tentang dunia pariwisata melalui program acara "YAM PK", melakukan sebuah survei. Survei tersebut berusaha menyeleksi sepuluh besar pulau wisata terfavorit di kawasan Asia Tenggara dan Pasifik.

Ternyata, Bali dan Manado (Sulawesi Utara), mendapatkan peringkat ketiga dan keenam dalam daftar tersebut. Di peringkat keenam, Manado berhasil melewati Okinawa (Jepang), Phuket (Thailand), El Nido (Filipina), dan Langkawi (Malaysia).

Sementara di peringkat ketiga, Bali melampaui Saipan (Mariana) dan Cologne Island (Filipina). Bali dikalahkan oleh Boracay (Filipina) dan Koh Samui (Thailand).

Survei tersebut memasukan pulau-pulau sebagai destinasi wisata berdasarkan kriteria pemilihan yaitu dapat dituju dengan penerbangan selama 6 jam atau kurang dari Taipei. Survei ini diadakan selama tiga minggu sejak 4-18 Juni dengan menyaring 33 pulau wisata di seluruh kawasan Asia Tenggara dan Pasifik.

Melalui jajak pendapat yang melibatkan 110 ribu orang lebih, Boracay di Filipina berhasil dinobatkan sebagai pemenang pertama. Boracay juga pernah dinobatkan oleh Lonely Planet dan beberapa majalah asing sebagai pantai paling indah di dunia.

Hasil survei selengkapnya adalah:
1. Boracay, Filipina
2. KohSamui, Thailand
3. Bali, Indonesia
4. Saipan, Mariana
5. Cologne, Filipina
6. Manado, Indonesia
7. Okinawa, Jepang
8. Phuket, Thailand
9. El Nido, Filipina
10. Langkawi, Malaysia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.