Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bali dan Manado, Destinasi Wisata Terfavorit di Asia Tenggara

Kompas.com - 12/07/2014, 11:55 WIB
KOMPAS.com - Dengan pesatnya perkembangan maskapai berbiaya rendah dan penerbangan rute pendek, YAM, sebuah saluran televisi Taiwan tentang dunia pariwisata melalui program acara "YAM PK", melakukan sebuah survei. Survei tersebut berusaha menyeleksi sepuluh besar pulau wisata terfavorit di kawasan Asia Tenggara dan Pasifik.

Ternyata, Bali dan Manado (Sulawesi Utara), mendapatkan peringkat ketiga dan keenam dalam daftar tersebut. Di peringkat keenam, Manado berhasil melewati Okinawa (Jepang), Phuket (Thailand), El Nido (Filipina), dan Langkawi (Malaysia).

Sementara di peringkat ketiga, Bali melampaui Saipan (Mariana) dan Cologne Island (Filipina). Bali dikalahkan oleh Boracay (Filipina) dan Koh Samui (Thailand).

Survei tersebut memasukan pulau-pulau sebagai destinasi wisata berdasarkan kriteria pemilihan yaitu dapat dituju dengan penerbangan selama 6 jam atau kurang dari Taipei. Survei ini diadakan selama tiga minggu sejak 4-18 Juni dengan menyaring 33 pulau wisata di seluruh kawasan Asia Tenggara dan Pasifik.

Melalui jajak pendapat yang melibatkan 110 ribu orang lebih, Boracay di Filipina berhasil dinobatkan sebagai pemenang pertama. Boracay juga pernah dinobatkan oleh Lonely Planet dan beberapa majalah asing sebagai pantai paling indah di dunia.

Hasil survei selengkapnya adalah:
1. Boracay, Filipina
2. KohSamui, Thailand
3. Bali, Indonesia
4. Saipan, Mariana
5. Cologne, Filipina
6. Manado, Indonesia
7. Okinawa, Jepang
8. Phuket, Thailand
9. El Nido, Filipina
10. Langkawi, Malaysia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com