Kompas.com - 13/07/2014, 08:00 WIB
Pesawat ATR 72-600 Garuda Indonesia. KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANAPesawat ATR 72-600 Garuda Indonesia.
EditorNi Luh Made Pertiwi F
KUPANG, KOMPAS.com - Akhir tahun ini, Garuda berencana akan membuka beberapa rute peberbangan domestik di Nusa Tenggara Timur (NTT) seperti Bandara El Tari (Kupang) - Bandara Mali (Kalabahi, Alor), serta Bandara El Tari (Kupang) - Bandara Frans Seda (Maumere). Hal ini dilakukan guna membantu masyarakat di daerah ini mendapatkan kemudahan pelayanan transportasi udara.

Manajer Penjualan dan Pemasaran Garuda Indonesia Distrik Kupang, M. Yanserio di Kupang, Jumat (11/7/2014), mengatakan sebelumnya maskapai penerbangan Garuda Indonesia Airlines mulai mengoperasikan rute-rute baru yang selama ini dilayani Merpati Nusantara Airlines (MNA) di NTT.

"Rute penerbangan baru mulai dilayani 1 April 2014 ini adalah Kupang-Ende, Kupang-Labuan Bajo, dan Kupang-Tambolaka setiap hari," katanya.

Untuk menerbangi wilayah intra NTT tersebut, Garuda menggunakan pesawat jenis ATR72-600. Menurut dia, pembukaan rute penerbangan di NTT bagian dari program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) Koridor 5 yang meliputi wilayah Bali dan Nusa Tenggara.

"Pembukaan rute-rute itu bagian dari MP3EI, sehingga Garuda sebagai perusahaan milik negara juga ikut mendukung pengembangan industri pariwisata di NTT," ujarnya.

Selain itu, rute-rute baru tersebut juga mendukung potensi ekonomi sehingga kabupaten-kabupaten yang ada di NTT dapat lebih berkembang lagi.

"Untuk mendukung kebijakan pembukaan rute penerbangan baru ini, Garuda juga sudah mendatangkan beberapa agen perjalanan dan jurnalis dari Australia, agar melihat langsung ekspansi wisata dan bisnis di NTT," katanya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat ini Garuda sudah memiliki dua pesawat yang melayani rute di NTT, dan segera ditambah satu pesawat lagi. "Kami menargetkan tahun 2014 Garuda memiliki delapan pesawat untuk melayani intra NTT dan daerah luar NTT," katanya.



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X