Kompas.com - 13/07/2014, 10:47 WIB
Coconut Ice Cream KOMPAS.COM/CHRISTINA ANDHIKA SETYANTICoconut Ice Cream
|
EditorI Made Asdhiana
MESKIPUN negeri Gajah Putih sempat diguncang isu ketidakamanan dan kudeta pemerintahan, namun arus wisatawan seolah tak pernah terganggu dengan hal ini. Kota Bangkok masih menyimpan sejuta pesona untuk dijelajahi.

Selain kotanya yang indah dan bersih, Bangkok juga menyimpan kekayaan kuliner yang nikmat dan menggoda. Setiap kali ke Bangkok, banyak orang selalu "titip pesan" untuk tidak lupa mencicipi enaknya Tom Yam Goong, dan Mango Sticky Rice alias ketan mangga. Tak dimungkiri, kedua makanan ini memang enak dan mungkin saja menjadi ikon kota Bangkok bahkan Thailand.

Bukannya mengingkari kelezatan makanan ini, tapi bosan pastinya kalau terus-terusan mendengar nama makanan itu. "Apa nggak ada makanan lainnya yang enak?" mungkin itu juga yang jadi pikiran Anda ya. Tentunya ada.

Kalau ingin menjajal aneka makanan nikmat di Bangkok, weekend market Chatuchak bisa jadi tempat yang tepat. Bukan hanya menjual berbagai barang dan souvenir saja, tapi pasar akhir pekan ini juga jadi surganya makanan. Anda pasti bisa menemukan tom yam dan mango sticky rice, tapi Anda juga bisa menemukan yang segar-segar di pasar ini. Pasar ini memiliki semacam food court tenda dadakan yang menyediakan aneka seafood, buah-buahan potong, sate telur, thai tea, jus segar, kentang goreng, camilan khas Jepang, takoyaki, bubur mutiara sampai es krim kelapa yang segar.

KOMPAS.COM/CHRISTINA ANDHIKA SETYANTI salah satu spot makanan di dalam pasar
Tetapi syaratnya, Anda harus bersedia "ngubek-ngubek" pasar ini sampai ke dalam-dalamnya. Yang paling menarik perhatian di tengah pasar Chatucak yang panas ini adalah es krim kelapa. Sekilas, es krim ini mungkin terlihat sama dengan es krim rasa kelapa lainnya. Jangan salah, es krim kelapa ini ternyata sangat unik.

Wujudnya mirip dengan es dung-dung yang dijual di Jakarta. Namun kalau es dung-dung ini disajikan dalam cone atau roti, es krim kelapa ini disajikan langsung dalam batok kelapa yang sudah dibelah dua. Batok ini berfungsi sebagai mangkuk es krimnya, sekaligus sebagai wadah untuk meletakkan aneka topping tambahan.

Sebagai pelengkapnya, sang penjual pun menawarkan tambahan tiga jenis topping berbeda untuk ditaburkan di atas esnya. Di atas gerobaknya, sang penjual sudah menata beberapa mangkuk dengan aneka isian yang berwarna-warni, misalnya nata de coco, kacang merah, manisan mangga, ketan, kismis, meses, kacang tanah goreng, dan kolang-kaling. Untuk satu porsinya, Anda bisa mendapatkan tiga jenis topping yang berbeda. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

KOMPAS.COM/CHRISTINA ANDHIKA SETYANTI topping coconut ice cream
Tak sabar rasanya untuk mencicipi es krim ini. Saat masuk ke dalam mulut, yang tercecap pertama kali adalah halusnya tekstur es krim ini. Es yang lumer di dalam mulut pun membuat rasa kelapa yang pekat pun langsung memenuhi rongga mulut. Enak dan segar. Rasa kelapa ini berasal dari campuran santan kelapa, kelapa parut dan fresh cream.

Namun, ada rasa lain yang tercecap di dalamnya. Sesaat terasa seperti wangi bunga. Entah mungkin sang penjual menambahkan air bunga ke dalam adonan es-nya. Yang jelas, aroma bunga ini sukses membuat rasa santan kelapa tidak terlalu eneg.

Selain rasa kelapa, tambahan topping di atas es memberikan sensasi kenikmatan rasa lainnya. Paduan tekstur es yang lembut, dengan aneka topping yang kenyal dan crunchy akan semakin memanjakan lidah Anda. Sebenarnya, Anda tak hanya akan mendapatkan tiga topping saja, tapi empat. Kok bisa? satu toppingnya lagi akan Anda dapatkan dari si batok kelapa.

Batok kelapa yang dipakai sebagai mangkuk ternyata bukan batok biasa. Batok ini masih memiliki daging kelapa muda yang empuk dan berair. Seketika daging buah kelapa muda yang berair ini pun bisa membilas semua sisa-sisa es krim yang masih memenuhi lidah.

Setelah menikmati es krim kelapa yang segar ini, tubuh pun kembali segar dan siap menjelajah Chatuchak lagi sambil memborong beberapa suvenirnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.