Kompas.com - 15/07/2014, 08:27 WIB
Masjid Kuno di Bayan, Lombok Utara, NTB, yang merupakan peninggalan tradisi Wetu Telu. KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANAMasjid Kuno di Bayan, Lombok Utara, NTB, yang merupakan peninggalan tradisi Wetu Telu.
EditorI Made Asdhiana
MATARAM, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menggelar Festival Enjoy Museum untuk Ramadhan, mulai 14 Juli hingga 22 Juli 2014, yang dibuka Ketua Badan Kerja Sama Organisasi Wanita (BKOW) NTB Hj Syamsiah Muh Amin, di Mataram, Senin (14/7/2014).

Kepala Museum NTB Lalu Moh Fauzal menjelaskan, kegiatan itu diselenggarakan dalam rangka napak tilas yang menampilkan proses masuknya Islam di NTB. "Jadi kegiatan ini kita laksanakan supaya masyarakat bisa mengingat kembali sejarah Islam di NTB," katanya.

Karena itu, untuk mengingatkan masyarakat, beberapa pertunjukan akan ditampilkan selama kegiatan tersebut, di antaranya lomba penulisan kaligrafi di atas kanvas, bazar termasuk pameran benda-benda atau tulisan peninggalan Islam di NTB.

Sementara itu, Ketua BKOW NTB Hj Syamsiah Amin menjelaskan kegiatan tersebut dilaksanakan tidak lain untuk memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat di tentang sejarah masuknya Islam di wilayah itu.

Karena itu, istri Wakil Gubernur NTB H Muh Amin ini berharap berharap kepada seluruh lapisan masyarakat dan dinas instansi terkait agar dapat bermitra dan bekerja sama untuk mendukung terlaksananya kegiatan museum tersebut.

TRIBUN / HERUDIN Kendang Beleq dibawakan dalam Parade Budaya Lombok Sumabawa 2013 di Jalan MH.Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (16/6/2013). Parade budaya yang diikuti kabupaten-kabupaten di Nusa Tenggara Barat ini merupakan salah satu promosi wisata untuk mengajak wisatawan mengunjungi NTB.
Kegiatan pameran napak tilas perjalanan peradaban Islam di NTB dilaksanakan pada 14-26 Juli, menampilkan koleksi museum berupa benda peninggalan sejarah di NTB, di antaranya Al Quran tulisan tangan, naskah khutbah hari raya, wayang sasak dan rebana.

Selain itu, informasi tentang warisan budaya dan peradaban Islam di NTB, seperti Masjid Bayan Beleq, Masjid Gunung Pujut, makam Selaparang dan upacara U'a Pua di Bima dan sarasehan budaya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.