Kompas.com - 16/07/2014, 15:19 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F
SEPANG, KOMPAS.com – Melakukan transit sebelum melanjutkan penerbangan ke destinasi akhir, kini lebih mudah bersama AirAsia. Seiring dengan diluncurkannya layanan Fly-Thru di Bandara Internasional Kuala Lumpur 2 di Malaysia dan Bandara Internasional Don Mueang di Bangkok, Thailand.

Seperti terungkap dalam siaran pers yang diterima Kompas Travel, layanan Fly-Thru membuat pelanggan yang transit di dua bandara tersebut tidak perlu melewati proses imigrasi untuk melanjutkan penerbangan ke destinasi akhir. Pelanggan juga tidak perlu mengambil dan melaporkan ulang bagasinya saat melakukan transit, karena bagasi tersebut telah ditandai sehingga dapat diproses secara otomatis untuk langsung dipindahkan ke penerbangan lanjutan dengan destinasi akhir.

Saat kedatangan di kedua hub Fly-Thru, yaitu Bandara KLIA 2 di Kuala Lumpur dan Bandara Internasional Don Mueang di Bangkok, pelanggan dengan penerbangan lanjutan akan diberikan akses menuju area transfer yang terhubung dengan area keberangkatan dan langsung diberikan boarding pass untuk penerbangan lanjutan.

“Layanan ini akan memudahkan pelanggan kami yang akan bepergian menuju destinasi-destinasi yang membutuhkan penerbangan lanjutan, sehingga lebih efisien. Selain itu, layanan Fly-Thru ini akan memungkinkan pelanggan kami untuk menjangkau seluruh destinasi dalam jaringan operasional AirAsia,” ungkap CEO AirAsia Berhad, Aireen Omar.

Sebelumnya, Fly-Thru hanya tersedia bagi pelanggan AirAsia yang transit di Kuala Lumpur untuk kemudian melanjutkan penerbangan dengan AirAsia Malaysia maupun AirAsia X. AirAsia X merupakan maskapai yang khusus melayani penerbangan hemat jarak jauh dengan waktu tempuh di atas 5 jam.

Namun kini, dengan layanan ini, seluruh pelanggan AirAsia dan AirAsia X dapat menikmati lebih dari 700 destinasi Fly-Thru melalui hub Kuala Lumpur dan juga Bangkok dengan jarak waktu antar penerbangan mulai dari 90 menit sampai 6 jam.

Fly-Thru juga dapat menghubungkan pelanggan yang berangkat dari lima hub AirAsia Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, dan Medan, menuju berbagai destinasi AirAsia dan AirAsia X di kawasan Asia Pasifik seperti Australia, Thailand, Vietnam, Tiongkok, Jepang, India, Korea Selatan, dan Timur Tengah.

“Selain itu, layanan Fly-Thru akan semakin membuka peluang baru untuk aktivitas komersial dan meningkatkan pariwisata di kawasan Asia Tenggara. Kami pun berharap untuk dapat memberikan pengalaman terbang terbaik kepada seluruh pelanggan kami serta mengembangkan jaringan kami di kawasan Asia Pasifik,” tutur CEO AirAsia X Berhad Azran Osman-Rani.

Pelanggan Fly-Thru akan memperoleh garansi konektivitas. Sehingga apabila terdapat keterlambatan yang disebabkan oleh maskapai dan menyebabkan penumpang tertinggal penerbangan lanjutan, AirAsia secara otomatis akan mengakomodir penumpang Fly-Thru di penerbangan selanjutnya tanpa dikenakan biaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.