Kompas.com - 16/07/2014, 18:15 WIB
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemhub) sudah memberi instruksi kepada maskapai penerbangan, untuk segera menambah frekuensi penerbangan (extra flight) menjelang Lebaran. Penerbangan tambahan ini terutama di atas jam 12 malam. Tujuannya tak lain mengantisipasi lonjakan penumpang mudik dan arus balik Lebaran.

Salah satu maskapai yang hampir fully booked adalah PT Citilink Indonesia. Perusahaan ini menyediakan kursi reguler plus tambahan sebanyak 93.000 kursi. Alokasi tambahan kursi ini sudah Citilink atur mulai H-7 sampai H+7 Lebaran baik di Bandara International Soekarno Hatta dan Halim Perdanakusumah.

Direktur Utama Citilink Indonesia, Arif Wibowo bilang, libur Lebaran kali ini berbarengan dengan liburan panjang sekolah. "Pasti akan terjadi peningkatan penumpang yang besar," katanya kepada Kontan, Selasa (15/7/2014).

Menurut Benny S Butarbutar, Corporate Communication Citilink Indonesia, pihaknya berencana menambah frekuensi penerbangan dari rute yang ada masing-masing sebanyak lima frekuensi selama periode tersebut. Sejauh ini, anak usaha Garuda Indonesia ini sudah menjual tiket mudik Lebaran sebanyak 80 persen dari total 93.000 kursi.

Adapun rute-rute yang paling ramai selama periode mudik ini, adalah rute dari Jawa ke Sumatera atau antar kota di Pulau Jawa. Seperti rute Jakarta–Surabaya, Jakarta–Yogyakarta, Jakarta–Malang, dan Jakarta–Semarang. "Rute tersebut load factor-nya tinggi," kata dia.

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Pesawat Sriwijaya Air
Tak mau ketinggalan, Sriwijaya Air juga sudah menjajakan tiket mudik Lebaran. Menurut Agus Soedjono, Senior Manager Corporate Communication Sriwijaya Air bilang, pihaknya sudah menjual tiket mudik Lebaran sejak satu bulan sebelum Lebaran atau H-30. "Sudah terlihat animo pasar sangat tinggi, karena tren Lebaran ini diikuti liburan," katanya ke Kontan.

Sriwijaya sudah mengantisipasi dengan menambah sebanyak 28.750 kursi. Tak jauh berbeda dengan Citilink, tiket tambahan ini, menurut Agus sudah terjual sebanyak 85 persen dari total kursi tambahan.

Adapun rute tambahan Sriwijaya adalah rute domestik yang tergolong rute gemuk saat mudik. Seperti rute ke Jakarta–Medan, Jakarta–Padang, Jakarta–Pangkal Pinang, dan Tanjung Pandan.

Untuk Pulau Jawa rute yang laris juga relatif sama dengan Citilink. Yaitu tujuan Semarang, Yogyakarta, Solo, Malang dan Surabaya. Adapun rute ke Kalimantan seperti Pontianak. Tak ketinggalan rute ke Denpasar juga ramai lantaran berbarengan dengan libur Lebaran. "Rute ke Dili juga ramai," timpalnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber Kontan
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.