Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Penerbangan Bebas Stres Bareng Si Kecil

Kompas.com - 17/07/2014, 18:01 WIB
KOMPAS.com - Jika Anda mudik bersama keluarga pada Lebaran nanti, ada kalanya mengajak si kecil naik pesawat bisa membuat stres. Terutama bila si kecil masih balita atau duduk di bangku sekolah dasar.

Biasanya aneka gadget menjadi pilihan agar si kecil tetap tenang selama perjalanan. Padahal ada cara-cara lain selain memberikan gadget penuh games untuk si kecil.

Seorang psikologi pendidikan dari Institute of Education, Dr Vivian Hill, seperti dikutip dari Dailymail.co.uk memberikan beberapa kiat mengajak si kecil dalam perjalanan udara bebas stres. Berikut kiat-kiat tersebut.

Minuman. Biarkan si kecil memegang minumannya sendiri, sehingga bisa setiap saat ia minum, terutama saat lepas landas dan mendarat. Sehingga si kecil tidak begitu merasakan perubahan tekanan udara. Apalagi tekanan udara lebih memberi efek pada anak-anak daripada orang dewasa.

Mainan baru. Jangan hanya bawa mainan lama. Baiknya belikan mainan baru. Pastikan mainan baru tersebut memang benar-benar baru dimainkan atau dibuka dari kemasannya sesaat setelah pesawat sudah berada di udara. Mainan baru lebih menghibur si kecil lebih lama.

Keluarkan secara berkala. Perjalanan udara walau hanya satu jam pun terasa lama bagi si kecil. Keluarkan mainan yang berbeda-beda secara berkala. Jangan keluarkan sekaligus di waktu bersamaan.

Ide lainnya adalah bungkus setiap mainan tersebut dan berikan kepadanya satu per satu sebagai kado. Interval waktunya bisa saja mulai dari setiap setengah jam tergantung kondisi dan lama perjalanan.

Mainan aktivitas. Sebaiknya bawa lebih banyak mainan yang memerlukan aktivitas seperti permainan bongkar pasang Lego dan sebagainya. Mainan yang lebih menyibukan ini lebih baik daripada mainan statis seperti boneka.

Aneka permainan. Pikirkan aneka permainan yang bisa dilakukan selama perjalanan. Misalnya boneka jari dan kartu aktivitas. Mainan-mainan seperti ini memerlukan interaksi antara anak dan orang tua.

Permainan tak berfisik. Gunakan imajinasi Anda. Tak selamanya Anda perlu membawa mainan dalam bentuk fisik. Ada banyak permainan yang bisa Anda lakukan dengan si kecil. Misalnya tebak-tebakan benda-benda di sekitar si kecil.

Bawa piyama. Jika Anda berada di penerbangan malam, bawa piyama yang biasa si kecil pakai. Hal ini agar si kecil tahu sudah waktunya tidur dan tidak merusak pola tidurnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com