Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
Kompas.com - 18/07/2014, 12:00 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
MANADO, KOMPAS.com - Setelah sukses menggelar Festival Bunga sejak tahun 2008, Kota Tomohon di Sulawesi Utara siap menggelar kembali Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2014. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Budpar) Sulawesi Utara, Suprianda Ruru mengatakan TIFF bahkan telah menjadi calendar of event Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

"Selain Kemenparekraf ada sejumlah kementerian yang juga mendukung TIFF, seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Luar Negeri serta Kementerian Komunikasi dan Informasi," ujar Ruru, Jumat (18/7/2014). Festival Bunga kali ini mengangkat tema "Colourful Tomohon" yang akan diikuti oleh perwakilan negara-negara sahabat, Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), Kabupaten dan Kota se-Sulawesi Utara, BUMN, BUMD, serta perusahaan swasta.

Sebagai bentuk dukungan penuh terhadap penyelenggaraan TIFF 2014, Kemenparekraf telah me-launching acara yang akan berlangsung di Tomohon pada tanggal 8 hingga 12 Agustus 2014 tersebut.

“Penyelenggaraan TIFF 2014 selain untuk mempromosikan pariwisata Kota Tomohon yang memiliki ikon bunga sebagai daya tarik, juga memberikan dampak pada peningkatan ekonomi masyarakat melalui kepariwisataan maupun ekonomi kreatif. Khususnya pengembangan kreativitas terhadap bunga yang banyak dikembangkan masyarakat setempat," kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar pada TIFF 2014 di Balairung Soesilo Soedarman, Kamis (17/7/2014).

Menurut Sapta, acara TIFF juga harus gencar dipromosikan menjadi bagian branding Wonderful Indonesia, agar terkenal ke seluruh penjuru dunia seperti Tournament of Roses di Pasadena, Amerika Serikat. Dengan demikian, cita-cita agar Kota Tomohon khususnya dan Provinsi Sulawesi Utara semakin dikenal dan berkembang pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pun dapat segera terwujud.

Kepala Dinas Budpar Tomohon Gerardus Mogi menjelaskan ada empat rangkaian kegiatan utama dalam TIFF 2014 nanti. "Nanti ada Tournament of Flowers yang merupakan parade kendaraan hias yang diikuti oleh perwakilan negara sahabat, pemerintah provinsi, kabupaten/kota se Indonesia, BUMN/BUMD, serta instansi/perusahaan swasta," kata Mogi.

Di samping itu ada pula Kontes Ratu Bunga, pergelaran seni dan budaya nusantara serta Tourism, Trade, Investment, and Floriculture Expo (7–11 Agustus 2014), yakni pameran yang akan menyajikan landscape taman bunga dan juga pameran pariwisata, perdagangan, investasi, dan senirupa.

Sementara itu Kepala Bidang Pemasaran Budpar Tomohon, Wulan Roeroe berharap TIFF menjadi perhatian dunia nasional dan internasional, karena melibatkan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Utara dan Kota Tomohon, serta dihadiri 11 dubes, para pemerhati Kota Tomohon, serta stakeholder pariwisata.

"TIFF 2014 ini akan menyajikan keanekaragaman kekayaan Nusantara dan Provinsi Sulawesi Utara serta khususnya Kota Tomohon melalui slogan menyapa dunia dengan bunga, dapat menunjang industri pariwisata untuk menjadikan kota ini sebagai tempat wisata yang layak dikunjungi," ujar Ruru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+