Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/07/2014, 10:38 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Kota Tomohon di Sulawesi Utara memang memiliki berbagai obyek wisata yang eksotis. Kota ini terletak di daerah pegunungan. Topografi pegunungan dengan kontur tanah yang berbukit-bukit rupanya menjadikan kota ini menyimpan potensi wisata alam yang memesona. Sebut saja Gunung Lokon, Gunung Mahawu dan Danau Linow Lahendong selalu menjadi incaran wisatawan saat mengunjungi kota ini.

Kelebihan Tomohon ternyata bukan hanya sebatas di pemandangan alamnya, tapi juga iklimnya. Karena letak geografisnya itu, Tomohon beriklim sejuk dan memiliki tanah yang cocok untuk membudidayakan bunga, buah dan sayuran. 

Beberapa tahun belakang sejak diselenggarakan Tomohon International Flower Festival (TIFF) ternyata membuat kota ini memiliki obyek wisata baru, lahan bunga. "Sebagian besar petani di sana memang menanam bunga, ya dipikir-pikir penghasilan mereka dari bunga potong saja bisa melebihi penghasilan saat mereka menanam padi," ungkap Wali Kota Tomohon, Jimmi Feidie Eman saat ditemui Kompas Travel seusai konferensi pers TIFF 2014 di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kamis (17/7/2014). Karena banyaknya lahan bunga di Tomohon, wisatawan yang datang ke sana tak lupa untuk mengunjungi lahan-lahan bunga.

Uniknya, pada musim bunga seperti Desember, Januari dan April, Tomohon seperti kebanjiran bunga. Siapa pun yang mengunjungi kota ini dapat menikmati bunga yang tumbuh subur di mana pun mulai dari pekarangan rumah hingga restoran. Maka cocoklah bila kota ini dipatenkan menjadi Kota Bunga.

Banyak bunga-bunga yang indah dan berkualitas datang dari Tomohon. Maka tak heran bila kota ini menjadi kota produsen bunga yang sudah dipasarkan hingga mancanegara. "Bunga dari Tomohon itu beda, yang paling istimewa adalah Krisan. Krisan dari Tomohon diameternya bisa jauh lebih besar. Diameternya bisa sampai 15 cm," ungkap Eman. 

Bunga Krisan ini juga yang menjadi kebanggaan kota yang memiliki semboyan "Dengan Bunga Menyapa Dunia". Selain Krisan, Bunga Aster dan Marigold juga tumbuh di sana. Mempercantik halaman di sepanjang kota.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+