Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Aneka Pepes di Tepi Bendungan Walahar

Kompas.com - 20/07/2014, 11:31 WIB
KOMPAS.com - Akhirnya kesampaian juga kuliner di luar Jakarta. Sudah cukup lama saya tidak kuliner keluar Jakarta. Walau termasuk masih tidak terlalu jauh, siang itu saya mau diajak menikmati kuliner di Karawang, Jawa Barat.

Kuliner kali ini ditemani dua orang sahabat saya yang pertama Hera yang memang asli dari Karawang yang akan menunjukkan lokasi kuliner yang layak di coba. Dan satu lagi sahabat saya Purnie dari Bali yang sedang berada di Jakarta.

ARSIP DOYANKULINER.COM Menikmati pepes jambal di RM Pepes Jambal Walahar Bapak HM Dirja, Klari Karawang, Jawa Barat.
Makan siang kami langsung menuju rumah makan Pepes Jambal Walahar Bapak HM Dirja. Walahar adalah Bendungan besar di Klari Karawang. Untuk mencapai lokasi kami harus menyusuri jalan pinggir sungai besar yang cukup bersih.

Setelah itu kami harus melewati jalan di atas bendungan yang hanya bisa dilewati seukuran satu mobil dan harus bergantian untuk melewati jalan ini. Rumah makan ini benar-benar berada di ujung jalan atau di tepi Bendungan Walahar ini.

ARSIP DOYANKULINER.COM Nasi timbel.
Rumah Makan Pepes Jambal Walahar Bapak HM Dirja ini tempatnya sederhana tanpa pendingin ruangan dan terdapat juga area lesehan. Untuk tempat parkirnya cukup luas.

Tentu di sini tidak hanya menyediakan pepes jambal, tetapi aneka pepes tersedia di sini. Mulai pepes ayam, pepes oncom, pepes teri, pepes jamur, pepes ikan mas, pepes peda dan pepes tahu. Untuk nasi di sini disedikan nasi timbel, nasi yang sudah dibungkus dengan daun pisang, disajikan juga lalapan dan sambal khas sunda. Oh iya di sini selain menu pepes ada juga menu udang goreng, ayam goreng dan ikan bakar.

ARSIP DOYANKULINER.COM Pepes jamur.
Setelah kami buka satu persatu pepesnya hmmm... sangat menggiurkan dengan aroma yang harum. Yuk mulai kita buka nasi timbel-nya dan mengambil sedikit masing-masing pepes.

Untuk pepes jamur lumayan enak porsinya memang tidak terlalu banyak. Untuk pepes oncom saya lumayan suka, cuma memang rasanya tidak pedas, kalau pepes oncom pedas tentu lebih nikmat.

ARSIP DOYANKULINER.COM Sambal lalapan.
Pepes jambal yang menjadi andalan di sini memang enak, dengan bumbu kuning dan ikan tidak amis, rasanya lezat apalagi sambel di sini pedasnya mantap banget. Sedangkan pepes ayam juga menggunakan bumbu kuning ini juga rasanya lezat meresap sampai kedalam daging ayamnya.

Pepes teri juga enak tidak terlalu asin cocok banget dicocol dengan sambal dan lalapan. Nah udang gorengnya enak juga lho, garing dan gurih. Ukuran udangnya juga kecil-kecil.

ARSIP DOYANKULINER.COM Pepes teri.
Wah makan siang kami puas, sahabat saya juga puas. Ternyata makan di Rumah Makan Pepes Jambal Walahar Bapak HM Dirja memang enak dan Nikmat. Harganya pun terjangkau, di mana harga pepes jambal Rp 6.000, pepes jamur Rp 6.000, pepes ayam Rp 11.000, pepes teri Rp 6.000, pepes oncom Rp 4.000, nasi timbel Rp 6.000, lalapan + sambel Rp 7.000. Kalau Anda penasaran, silakan telepon ke 0267-435032 atau HP 081385333359. (Frans)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com