Cara Mengurangi Rasa Takut Naik Pesawat

Kompas.com - 21/07/2014, 15:50 WIB
ILUSTRASI - Kabin pesawat ShutterstockILUSTRASI - Kabin pesawat
Penulis Michael
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
KOMPAS.com - Seseorang yang ketakutan naik pesawat terbang bisa jadi semakin merasa takut paska insiden Malaysia Airlines #MH17. Para ahli setuju bahwa rasa takut terbang dianggap sesuatu yang tidak masuk akal.

Namun kenyataannya semakin banyak orang menderita aviophobia atau ketakutan naik pesawat terbang. Sebagai contoh, di Amerika Serikat sekitar 6,5 persen dari populasi penduduknya menderita aviophobia.

Beberapa ahli psikologi penerbangan menganjurkan beberapa kiat untuk mengatasi rasa takut saat naik pesawat. Terutama, setelah bencana yang melibatkan pesawat terbang terjadi.

1. Hindari Berita

“Hal pertama adalah untuk tidak membaca setiap detail tentang peristiwa jatuhnya dan terikat pada hal itu karena hanya akan memicu rasa takut,” kata Carol Cott Gross, yang mengajar tentang ketakutan terbang dan 35 tahun telah menjalankan perusahaan yang bernama Fly Without Fear.

Ia juga menganjurkan untuk tidak menonton film apapun yang menampilkan pesawat jatuh. Sebagai gantinya, nonton saja film-film komedi yang konyol.

2. Ingatlah Fakta

Fakta paling umum didengar adalah kemungkinan seseorang untuk meninggal karena terpeleset di kamar mandi, lebih besar dibanding meninggal karena pesawat jatuh. Hal senada juga diungkapkan Kapten Tom Bunn. Ia seorang kapten sebuah perusahaan penerbangan dan terapis berlisensi yang juga pemimpin dan pembentuk SOAR, sebuah grup penyokong bagi mereka yang takut terbang.

"Kemungkinan hal itu terjadi (meninggal karena pesawat jatuh) pada Anda sangatlah kecil,” katanya.

Faktanya, kemungkinan berada di dalam kecelakaan pesawat yang parah sangatlah rendah. Para ahli memperkirakan kemungkinannya dari 1 dari 11 juta sampai 1 dari 29,4 juta.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X