Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Terbang dari Pramugari

Kompas.com - 23/07/2014, 17:13 WIB
Michael

Penulis

KOMPAS.com - "Tolong tetap duduk sampai kami memperbolehkan untuk berdiri. Dan, matikan ponsel Anda!".

Mungkin kalimat-kalimat sejenis ini kerap didengar saat di pesawat. Bahkan bagi seseorang yang sering bepergian, naik pesawat bisa penuh tekanan dan membingungkan.

Terbang dengan naik pesawat adalah sebuah kompromi besar. Jadi, agar semua orang bisa merasakan pengalaman di udara yang lebih mulus, beberapa pramugari telah membagi tips terbaik mereka melalui situs perjalanan, SavvyStews.

Lepaskan kacamata kuda Anda selama di dalam pesawat.

Anda bukanlah satu-satunya penumpang di dalam pesawat. Jadi berdiri di tengah lorong kabin untuk mencari majalah atau iPad di koper Anda hanya akan membuat kemacetan.

Kemas dengan sesuai dan bersiap untuk minggir dari lorong secepatnya. Pastikan barang yang ingin Anda gunakan selama penerbangan dapat diambil dengan mudah dan tidak ditaruh di bagian bawah tas Anda.

Jika duduk di kursi belakang.

Jika Anda duduk di bagian belakang pesawat, tidak perlu langsung berdiri di lorong sesaat setelah tanda sabuk keselamatan dimatikan. Jika ada api, Anda yang akan pertama tahu.

Tak ada salahnya jika Anda duduk sebentar dan santaikan kaki Anda untuk beberapa menit selagi orang-orang di depan Anda keluar pesawat terlebih dahulu. Bersabarlah, Anda tidak akan bergerak untuk sementara waktu, jadi nikmati saja.

Bisakah Anda menghitung sampai 50?

Jika Anda bisa menghitung sampai 50, seharusnya Anda tidak kesulitan mencari baris tempat duduk Anda. Percaya atau tidak, banyak penumpang yang berjalan ke bagian belakang pesawat tetapi malah bertanya pada pramugari di manakah baris ketiga.

Matikan daya gadget Anda.

Ini hanyalah sebuah permintaan untuk mematikan daya gadget Anda. Hormati aturan ini dan lakukan perintah dari pramugari. Jangan sekedar memindahkan gadget ke airplane mode, tetapi benar-benar matikan daya gadget Anda.

Gunakan kantung sampah.

Jika Anda merasa perlu untuk meninggalkan sampah bagi pramugari seperti potongan kuku tangan, botol minuman ringan, potongan sandwich yang sudah dimakan, atau popok kotor, pramugari bisa saja memanggil Anda kembali ke pesawat dan mengambil sampah tersebut. Pramugari terus-terusan membawa kantung sampah besar di dalam kabin selama perjalanan Anda. Di situlah sampah Anda seharusnya dibuang. Tolong pergunakan layanan ini.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com