Kompas.com - 24/07/2014, 14:08 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Saatnya mengagendakan kunjungan wisata ke Banyuwangi. Sebab beragam festival akan digelar di Banyuwangi, Jawa Timur.

"Kalau dalam waktu dekat, ada Banyuwangi Batik Festival. Nantinya ada pameran UKM batik, cara pembuatan batik," tutur Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat berkunjung ke kantor Kompas.com, Kamis (24/7/2014).

Banyuwangi Batik Festival akan berlangsung pada 20 September 2014. Ada pula, lanjut Anas, Festival Rujak Soto yang rencananya akan diselenggarakan pada September 2014.

"Ada juga Festival Tumpeng Sewu Kemiren," ungkap Anas.

Kompas.com/Widianti Kamil Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas bersama Pemimpin Redaksi Kompas.com Taufik Mihardja saat berkunjung di redaksi Kompas.com, Jakarta, Kamis (24/7/2014)
Ia menjelaskan di Desa Kemiren ada tradisi selamatan yang sudah berlangsung secara turun temurun bernama Tumpeng Sewu. Masyarakat Using di desa ini memiliki kebiasaan makan tumpeng secara lesehan di depan rumah. Jadi, sepanjang jalan dipenuhi orang-orang makan tumpeng.  

"Ada juga Festival Ngopi Sepuluh Ewu. Nanti ada 10 ribu cangkir kopi," lanjut Anas.

Kopi-kopi ini disuguhkan di jalanan kampung-kampung di Banyuwangi. Salah satu komoditi andalan Banyuwangi memang kopi. Rencananya festival ini akan berlangsung pada bulan November.

"Festival Gandrung Sewu nantinya ada 1.000 penari yang akan menarikan tari Gandrung," kata Anas.

Ia menjelaskan bahwa festival tersebut ibarat kolaborasi budaya. Sebab, mendatangkan penari-penari dari berbagai desa. Festival ini diagendakan akan berlangsung pada bulan November.

Festival lainnya yang juga menarik antara lain Seblang Bakungan di bulan Oktober, International Tour de Banyuwangi Ijen di bulan Oktober, Banyuwangi Ethno Carnival di bulan November, dan Banyuwangi Jazz Festival di bulan Desember.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.