Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenparekraf Tantang Daerah Kembangkan Wisata Film

Kompas.com - 24/07/2014, 17:35 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memberikan tantangan khusus kepada pemerintah daerah untuk mengembangkan destinasi wisata film di wilayahnya untuk mendongkrak popularitas destinasi tersebut.

"Ini tantangan untuk daerah agar bisa mengembangkan destinasi wisatanya sebagai lokasi pengambilan gambar untuk film," kata Direktur Jenderal Pemasaran Pariwisata Kemenparekraf, Esthy Reko Astuty di Jakarta, Rabu (23/7/2014).

Menurut Esthy, film bisa menjadi cara yang baik untuk mempromosikan suatu destinasi wisata secara efektif dan masif.

Film sekaligus bisa menjadikan suatu daerah atau destinasi wisata berkembang dengan lebih cepat karena membuka wawasan publik yang lebih luas tentang suatu daerah termasuk investor. "Kita bisa jadikan Belitung sebagai benchmark atas keberhasilan film 'Laskar Pelangi' mengangkat pariwisata di daerah itu," katanya.

KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F. Pantai Tanjung Tinggi di Belitung.
Tidak hanya itu, film Hollywood berjudul 'Eat, Pray and Love' yang dibintangi Julia Robert juga mampu mendongkrak popularitas Bali lebih luas ke dunia internasional.

Oleh karena itulah Esthy mendorong pemerintah daerah untuk melihat peluang dan mengembangkan potensi daerahnya. "Tentu harus ada dukungan dari sisi kemudahan izin dan kesiapan daerahnya untuk menerima lebih banyak kedatangan wisatawan," katanya.

Atraksi dan daya wisata, tambah Esthy, juga merupakan hal yang harus diperhatikan untuk membuat betah turis tinggal di wilayah tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com