Kompas.com - 25/07/2014, 12:51 WIB
Pemilik delman menawarkan jasa kepada pengunjung yang datang ke Pantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta, Kamis (25/8/2011).  KOMPAS/LUCKY PRANSISKAPemilik delman menawarkan jasa kepada pengunjung yang datang ke Pantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta, Kamis (25/8/2011).
|
EditorI Made Asdhiana
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Libur Lebaran 2014 Dinas Pariwisata Pemkab Bantul, DIY, menargetkan 200.000 wisatawan berkunjung ke destinasi andalan Pantai Parangtritis. "Target retribusi Pantai Parangtritis mencapai 1 miliar rupiah dengan jumlah kunjungan wisatawan 200 ribu," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Bantul, Bambang Legowo, Kamis (24/7/ 2014).

Menurut Bambang, dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya saat libur Lebaran akses masuk menuju Pantai Parangtritis selalu macet. Mengantisipasi hal itu Dinas Pariwisata telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Polres Bantul untuk merekayasa arus lalu-lintas. "Kita sudah berkoordinasi soal arus lalu lintas menuju Pantai Parangtritis selama Lebaran," tegasnya.

Dengan lancarnya arus lalu lintas menuju Pantai Parangtritis, pihaknya optimistis target 200.000 wisatawan akan tercapai. Apalagi cuaca saat ini relatif cerah. "Kami optimistis target itu akan tercapai," katanya.

Bambang berharap selama liburan Lebaran, ubur-ubur beracun yang biasanya banyak muncul di setiap bulan Juli dan Agustus tidak muncul. Namun demikian pihaknya mengimbau agar wisatawan tidak mandi di laut dan mewaspadai ubur-ubur. "Kita mengimbau wisatawan tidak mandi untuk menghindari sengatan ubur-ubur," ucapnya.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul, Dwi Daryanto mengatakan guna mengantisipasi terjadinya laka laut saat libur Lebaran, pihaknya mendirikan 4 posko keamanan di sepanjang pantai. "Kita dirikan 4 posko di Pantai Parangtritis, Depok, Goa Cemara dan Pantai Kuwaru-Pantai Baru," pungkasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X