Kompas.com - 25/07/2014, 15:20 WIB
EditorI Made Asdhiana
MANADO, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, Sulawesi Utara meminta penyedia akomodasi terutama transportasi seperti operator bandara, taksi bandara dan ojek meningkatkan pelayanan kepada wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun mancanegara.

"Manado sudah menjadi salah satu kota tujuan wisata, maupun lokasi penyelenggaraan acara bertaraf lokal, nasional maupun internasional sehingga seluruh elemen harus ikut memberikan kenyamanan pada para wisatawan," kata Wali Kota Manado, Vicky Lumentut di Manado, Jumat (25/7/2014).

Vicky mengatakan sejak dicanangkan sebagai satu dari 10 kota Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition (MICE), Manado menjadi semakin menarik mata dunia dan selalu menjadi pilihan di antara 10 kota lainnya. Hal tersebut akan berdampak pada peningkatan pergerakan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Karena itu saya mengajak seluruh elemen yang beraktivitas di kawasan Bandara Sam Ratulangi untuk ikut menyukseskan hal tersebut diantaranya dengan menjaga kebersihan kawasan," katanya.

Menurut Vicky, bukan hanya menjaga kebersihan, tetapi juga menunjukkan sikap yang baik dan menyambut dengan ramah para wisatawan yang mengunjungi Sulawesi Utara khususnya Manado.

Vicky memaparkan, dalam waktu dekat, Manado akan kembali menjadi tuan rumah acara nasional yakni pertemuan para pimpinan bank seluruh Indonesia sehingga persiapan harus dilakukan seawal mungkin.

Para sopir serta pengelola Bandara Sam Ratulangi dituntut untuk berperan aktif menyukseskan, dengan menyediakan layanan yang memuaskan dan menggembirakan para tamu, sebab tempat tersebut adalah lokasi pertama para tamu menginjakan kakinya.

Kompas.com/Ronny Adolof Buol Bandara Sam Ratulangi Manado.
"Kemudian para sopir taksi, tukang ojek harus bisa menunjukkan keramahan dan sikap manis agar yang berkunjung terkesan sehingga mau kembali ke Manado, bukan hanya untuk gelaran acara ini saja, tetapi untuk berwisata juga," katanya.

Bahkan Vicky juga mengingatkan para sopir dan petugas bandara untuk dapat menampilkan ciri khas kota, dengan menggunakan seragam "Kaeng Manado" sehingga menimbulkan kesan positif, dan pemerintah setempat siap memfasilitasi pengadaan pakaian tersebut.

Ia mengingatkan Manado sudah terkenal dengan keramahtamahannya sehingga sebutan "smiling people" terus dijaga dan dikembangkan, dan ditunjukkan pada setiap tamu yang mengunjungi Manado.

Vicky menambahkan, kunjungan wisatawan yang semakin meningkat akan menggerakkan roda perekonomian, yang nantinya akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat termasuk para sopir taksi bandara serta tukang ojek

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.