Waspada pada Lubang Intip Pintu Kamar Hotel

Kompas.com - 26/07/2014, 15:31 WIB
Lubang intip pintu kamar hotel. ShutterstockLubang intip pintu kamar hotel.
Penulis Michael
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
KOMPAS.com - Di setiap pintu kamar hotel pasti sebuah lubang intip. Lubang intip ini berguna agar penghuni kamar bisa mengetahui siapa yang berada di balik pintu sebelum membukakan pintu untuk orang tersebut.

Tentu lubang intip ini terkesan begitu pribadi. Jika Anda bersependapat, coba pikirkan lagi. Tamu hotel sebaiknya tetap waspada terhadap segala hal termasuk lubang intip pintu kamar yang terkesan sepele.

Jadi, saat menginap di sebuah kamar hotel, ada baiknya Anda langsung mengecek lubang intip di pintu kamar tersebut. Coba lihat dari dalam kamar, jika Anda dapat melihat secara jelas di seberang lubang intip yaitu lingkungan di luar kamar hotel atau lorong lantai hotel, maka semuanya aman.

Namun, jika saat Anda kesusahan melihat ke luar, misalnya karena tampak buram, maka Anda perlu berhati-hati. Bila hal ini terjadi, segera laporkan ke pihak hotel dan minta ganti kamar. Seperti dilaporkan oleh BBC Travel, beberapa lubang intip pintu kamar bisa dengan mudah dibongkar.

Bisa saja lubang intip kamar dibongkar dan dimasukan sebuah kamera di dalam lubang intip. Dengan kamera tersembunyi seperti ini, orang yang di luar dapat melihat ke dalam kamar hotel.

“Periksa lubang intip pintu anda, jika itu dirusak atau dibobol, mintalah kamar yang lain," kata CEO dari Beechmont Hotels di Winston-Salem, Carolina Utara, Amerika Serikat, Michael Forrest Jones kepada BBC.

Memang hal ini merupakan kasus langka. Tetapi bukan berarti tidak pernah terjadi. Tahun lalu, seorang pria didakwa karena mengintip seorang perempuan berprofesi sebagai reporter olahraga di Amerika Serikat. Reporter bernama Erin Andrews itu diintip melalui lubang intip saat menginap di sebuah hotel di Wisconsin, Amerika Serikat.

Pria pengintip bernama Michael David Barret tak sekedar mengintip. Ia bahkan merekam saat Erin tengah bertelanjang melalui lubang intip pintu tersebut. Rekaman tersebut tersebar di dunia maya. Barret pun dinyatakan bersalah di pengadilan.

Sehingga, sesaat Anda masuk ke kamar hotel, sebaiknya cek terlebih dahulu lubang intip di pintu kamar hotel. Apakah lubang intip itu mudah dilepaskan atau malah sudah lepas. Jika curiga, laporkan ke pihak hotel.

Walaupun lubang intip pintu tampak tidak mencurigakan, tetap waspada. Saat ini sudah beredar alat yang membalikkan fungsi lubang intip. Bentuknya tabung dan berukuran kecil. Dengan alat ini, orang dari luar bisa melihat kondisi di dalam.

Beberapa hotel menggunakan lubang intip dengan penutupnya. Jika hotel yang Anda inapi tidak memiliki penutup lubang intip, gunakan saja kertas dan tempelkan ke pintu. Di toko-toko online kini jual telah dijual penutup lubang intip yang bisa dibawa ke mana-mana.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X