Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik ke Malang, Berburu Oleh-oleh Serba Apel

Kompas.com - 31/07/2014, 08:16 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com - Malang tenar dengan sebutan Kota Apel. Kota Malang dan Kabupaten Malang di Jawa Timur ini memang identik dengan serba apel. Tak heran, di sini ada perkebunan apel dan apel Malang tenar seantero Indonesia.

Jika kebetulan mudik melewati Malang atau kebetulan berlibur ke Malang, saatnya berburu oleh-oleh serba apel. Sebut saja mulai dari Keripik Apel sampai Dodol Apel.

Keripik apel tentu saja penganan wajib yang dibeli. Rasanya agak sepat dengan selintasan rasa manis. Sebagian besar kripik apel walau berbeda merek, memiliki potongannya lumayan tebal, namun tetap garing saat digigit.

Penyuka manis bisa pilih dodol apel ataupun jenang apel. Apel diolah sedemikian rupa dengan gula hingga menjadi dodol dan jenang. Teksturnya yang kenyal dan rasanya yang legit sangat cocok untuk Anda yang doyan manis. Bisa juga coba cokelat apel atau camilan dari cokelat namun ditambahkan rasa apel.

KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F. Jenang apel
Selain aneka olahan apel, bisa juga membeli aneka olahan kripik lainnya, seperti keripik tempe yang juga khas Kota Malang. Pilihan lain sambal pecel ataupun tiwul instan. Harga variatif, seperti keripik apel bisa dibeli dengan harga Rp 12.000. Sementara dodol di kisaran Rp 6.000.

Ada beberapa tempat untuk membeli oleh-oleh di Kota Malang. Salah satu yang terkenal adalah Goedang Oleh-oleh di Jalan Simpang Tenaga II Nomor 12. Sentra oleh-oleh ini menempati bangunan yang lumayan besar dengan parkiran luas yang bisa memuat bus.

Pilihan lain bisa di Galeria Adinegoro yang berada di Jalan Wicaksono Nomor 2. Selain aneka camilan, oleh-oleh lainnya bisa berupa batik maupun kaus kreatif bertuliskan "Malang". Juga aneka kerajinan tangan khas Malang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com