Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai 1 Agustus Harga Tiket Masuk ke Kawah Ijen Naik

Kompas.com - 31/07/2014, 14:17 WIB
JEMBER, KOMPAS.com - Harga tiket masuk Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Gunung Ijen yang memiliki ketinggian 2.386 meter di atas permukaan laut (mdpl) sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2014 naik per 1 Agustus 2014.

"Kami segera sosialisasikan kenaikan tarif masuk kawasan taman wisata yang dikelola Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Jawa Timur," kata Kepala BKSDA Wilayah III di Kabupaten Jember, Sunandar Trigunajasa, Kamis (31/7/2014).

BKSDA Wilayah III Jawa Timur mengelola tiga TWA yakni TWA Kawah Gunung Ijen, TWA Gunung Baung, dan TWA Tretes juga mengalami kenaikan tarif tersebut berdasarkan Peraturan Pemerintah tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Kementerian Kehutanan.

"Tiket masuk untuk wisatawan domestik naik dari Rp 2.000 menjadi Rp 5.000 pada hari kerja dan Rp 7.500 untuk hari libur, sedangkan wisatawan asing (WNA) naik dari Rp 15.000 menjadi Rp 100.000 pada hari kerja dan Rp 150.000 pada hari libur," paparnya.

Kemudian untuk wisatawan yang membawa video komersial atau snapshot film komersial akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 10 juta, membawa handycam dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 1 juta dan foto kamera dikenakan Rp 250 ribu.

"Tiket masuk tersebut tidak berlaku bagi peneliti atau mahasiswa yang melakukan riset di area taman wisata alam yang dikelola BKSDA karena mereka bisa masuk secara gratis dengan mengirim surat izin pemberitahuan kepada kami," katanya.

ARSIP PEMKAB BANYUWANGI Kawah Ijen di Banyuwangi, Jatim.
Selain untuk penelitian, lanjut Sunandar, kenaikan tiket masuk itu juga tidak berlaku bagi pecinta alam atau aktivis konservasi yang melakukan kegiatan untuk melindungi wilayah taman wisata alam seperti melakukan bersih gunung untuk menjaga ekosistem kawasan konservasi atau membantu pengunjung.

Sementara salah seorang wisatawan asal Jember, Andi Ardiansyah mengaku tidak keberatan dengan kenaikan tiket masuk ke Kawah Gunung Ijen karena kenaikannya tidak terlalu signifikan untuk wisatawan domestik.

"Kenaikan itu cukup terasa bagi wisatawan mancanegara karena naik enam kali lipat dibandingkan tiket masuk sebelumnya dari Rp 15 ribu menjadi Rp 100 ribu pada hari kerja dan Rp 150 ribu pada hari libur," ucap pecinta alam tersebut.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com