Kompas.com - 01/08/2014, 11:52 WIB
EditorI Made Asdhiana
ADONARA, KOMPAS.com - Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Frans Lebu Raya mengisi liburan Lebaran dengan berkunjung ke Pulau Pasir Putih, sebuah obyek wisata terkenal di bagian timur Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur.

"Saya mengetahui adanya obyek wisata tersebut justru dari laporan organisasi lingkungan dunia, World Wildlife Fund (WWF), bukan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan NTT," katanya setelah berkunjung ke pulau itu, Jumat (1/8/2014).

Antara yang ikut serta ke obyek wisata tersebut melukiskan pulau tersebut seperti onggokan pasir putih di tengah laut yang dikelilingi beraneka ragam taman laut yang begitu memesona mata.

Saat air pasang, kata Kepala Desa Pledo Kasman Gorantokan, onggokan pasir putih hanya tampak bagian puncaknya saja, sedang bagian lainnya tertutup air laut.

Pulau Pasir Putih itu letaknya tak jauh dari Nuha Watanpeni, sebuah pulau kecil yang terletak di bagian kiri, dan sebuah pulau kecil lainnya di sebelah kanan yang hanya dihuni kawanan kelelawar dalam jumlah yang sangat banyak.

"Masyarakat setempat menyebutnya dengan Pulau Kelelawar, karena hanya dihuni oleh ribuan kelelawar," kata Kasman.

Menurut Kasman, pulau tersebut sering dikunjungi wisatawan asing yang datang dengan menggunakan perahu layar atau menyewa perahu milik nelayan di sekitar Dusun Meko yang merupakan bagian dari teritori Desa Pledo.

Setiap akhir pekan atau pada musim libur, Pulau Pasir Putih juga dikunjungi banyak wisatawan. "Terkadang mereka bermalam dan berhari-hari di pulau tersebut dengan berteduh di bawah tenda payung yang dibuatnya," katanya.

Sementara pulau kecil yang terletak di bagian kiri Pulau Pasir Putih atau lebih populer dengan sebutan Nuha (pulau kecil) Watanpeni, hanya dihuni seorang nelayan asal Buton, Sulawesi Tenggara.

"Nuha Watanpeni semacam tempat peristirahatan nelayan asal Buton tersebut setelah lelah mencari ikan dan biota laut lainnya di sekitar gugusan pulau kecil yang terletak di ujung timur Pulau Adonara tersebut," kata Kasman yang juga eks pensiunan Kantor BKKBN Timor Timur itu.

Halaman:
Sumber Antara


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.