Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asep Stroberi, Kuliner Sunda dan Kesegaran Buah Stroberi

Kompas.com - 04/08/2014, 08:12 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Apakah Anda sedang melintasi kawasan Nagrek dan  Garut? Bila ya, ada satu restoran yang layak dicoba untuk bersantap siang. Namanya Asep  Stroberi.

Nama Asep Stroberi mungkin memang sedikit aneh. Namun, nama itu mencerminkan konsep yang ditawarkan. Pengunjung diajak menikmati hidangan Sunda karya Bapak Asep dan kesegaran buah stroberi.

Ada tiga pilihan lokasi restoran itu. Lokasi pertama ada di Jalan Raya Nagrek, selepas melewati kota Bandung bila dari arah Jakarta. Lokasi lainnya adalah Jalan Raya Kadung  Kanora Nomor 245, Garut, serta Jalan Raya Cimaragas Nomor 95, juga di Garut.

Sempat mencoba Asep Stroberi di Jalan Raya Nagrek, Kompas.com merasakan nuansa Sunda yang khas pada restoran ini. Nuansa ini dapat terlihat dari dinding berbahan bambu, saung-saung, sungai dan sawah yang terhubung dengan restoran serta alunan musik Sunda.

Masuk dan duduk di saung Asep Stroberi, kelelahan akibat perjalanan panjang akan sedikit
terobati. Alunan musik Sunda menenangkan. Sementara, hidangan khasnya membangkitkan
rasa lapar.

Kristianto Purnomo Pemandangan di kompleks restoran Asep Stroberi, Jalan raya Nagrek. Restoran berbatasan dengan sawah dan sungai, menyuguhkan pemandangan nan asri.

Menu andalan Asep Stroberi adalah nasi liwet. Nasi yang pulen benar-benar diliwet dan dihidangkan dengan ketel, dicampur dengan daun pandan. Aromanya harum. Nasi dihias dengan petai, teri, dan sedikit cabe merah.

Untuk lauk, yang layak dicoba adalah gurame bakar. Ikan dibakar dengan bumbu kecap Dimakan dengan sambal kecap pedas segar serta lalapan, gurame ini rasanya wuahh.... Pasti, Anda tergoda untuk tambah.

Lauk lain yang juga bisa untuk dicoba adalah ayam serundeng, ayam dengan parutan kelapa
berbumbu. Tak cuma lauk daging, tahu dan tempe yang dihidangkan dengan sambel terasi di Asep Stroberi pun lezat. Tempe berbalut tepung digoreng dan disajikan tanpa minyak berlebih.

Kristianto Purnomo Jus Stroberi, minuman andalan restoran Asep Stroberi.

Soal minuman, yang pasti harus dicoba adalah jus stroberi. Jus terbuat dari stroberi dicampur dengan gula. Rasanya manis dan segar, sangat cocok setelah menyantap makanan Sunda yang pedas.

Selain dalam rupa jus, stroberi juga diolah menjadi sup buah. Stroberi dicampur dengan buah tropis lain seperti nanas, semangka, dan melon kemudian ditambah sirup buah serta es serut.

Asep Stroberi menawarkan menu paket untuk dua dan empat orang. Harga berkisar antara Rp
50.000 - Rp 250.000. Menu paket terdiri dari nasi liwet, ayam, ikan, tahu dan tempe,  sambal, serta lalapan.

Usai bersantap, cobalah berjalan di sekitar lokasi restoran sambil mendengarkan suara aliran sungai dan melihat pemandangan sawah. Setelahnya, pasti Anda siap untuk melanjutkan perjalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com