Kompas.com - 04/08/2014, 13:17 WIB
EditorI Made Asdhiana
SEMARANG, KOMPAS.com - Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jateng, Sri Ediningsih, memastikan pemugaran Gedung Sarekat Islam (SI) akan mulai dilaksanakan pada bulan Agustus ini. Menurut dia, hal tersebut sesuai dengan  MoU dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jateng.

"Sesuai perjanjian yang telah ditandatangani, dana hibah harus dipergunakan selama tiga bulan (Agustus-Oktober) setelah dicairkan," kata Sri, di Semarang, Minggu (3/8/2014).

Disampaikan Sri, pihaknya telah mengirimkan surat pemberitahuan akan kegiatan pemugaran itu, kepada Wali Kota Semarang. Selain itu, surat bernomor 008/101.KU/BPCB-HD/P-VII/2014 tersebut juga ditembuskan ke berbagai pihak terkait.

"Surat pemberitahuan sudah disampaikan kepada pak Wali sebelum lebaran kemarin," katanya.

Sri berharap, Wali Kota ikut aktif membantu berbagai proses administrasi. Termasuk mediasi dengan pengelola gedung tersebut.

Sementara, terkait surat izin pemugaran kepada pengelola, lanjut dia, baru akan dikirimkan pada Senin (4/8/2014) ini. Sri berharap pengelola gedung akan senang hati menyambut dimulainya pemugaran. "Tentu harapan kami, semuanya lancar, tidak ada hambatan," ujarnya.

Senada diungkapkan anggota Komunitas Pegiat Sejarah (KPS), Yunantyo Adi S. Menurut Yunantyo, pengelola gedung harus legowo terkait hal ini. (Yayan Isro Roziki)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.