Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lupakan iPad, Gunakan Mainan Klasik untuk Hibur Anak di Pesawat

Kompas.com - 04/08/2014, 16:32 WIB
Michael

Penulis

Sumber Dailymail
KOMPAS.com - Lupakan iPad, sebaiknya berikan Play-Doh untuk anak Anda agar mereka tetap terhibur di dalam pesawat. Hal tersebut menurut riset terbaru yang dikutip dari situs berita asal Inggris, Dailymail.co.uk.

Eksperimen yang dipimpin oleh Professor Robert Winston menemukan bahwa mainan jadul malahan yang dibutuhkan untuk menjaga Anak anda tetap senang selama penerbangan. Hal ini mungkin berlawanan dengan kepercayaan umum, sebab saat ini lebih banyak orang tua memberikan piranti digital sepert tablet sebagai mainan untuk si kecil.

Riset ini dilakukan dengan para orang tua. Mereka mengakui bahwa kekhawatiran terbesar mereka saat terbang adalah menjaga anak mereka tetap terhibur. Sebanyak 60 persen orang tua mengakui bahwa mereka gagal dalam mengalihkan perhatian anaknya lebih dari 30 menit.

Seperempat orang tua yang disurvei mengatakan mereka khawatir anak mereka mengganggu penumpang lain. Sedangkan lebih dari setengah gelisah tentang mengganggu pola tidur anak mereka.

Maskapai British Airways melakukan eksperimen sebagai respon terhadap survei itu, dengan menempatkan 30 anak kecil dalam sebuah penerbangan selama dua jam dengan pilihan mainan.

Anak-anak berusia 2-10 tahun, diberikan 90 menit untuk bermain dan diobservasi oleh ilmuwan dan sebuah tim psikologis edukasional. Hasilnya mengejutkan, karena ternyata mainan paling murah yang paling lama membuat anak-anak tetap sibuk.

Play-Doh atau mainan lilin, ada di tempat teratas dalam daftar, dengan 80 persen anak dan 70 persen orangtua mengatakan mereka akan membawa mainan itu ke dalam penerbangan selanjutnya. Mainan tersebut mampu menjaga lebih dari setengah anak-anak tetap sibuk lebih dari 40 menit.

Mainan yang paling populer di antara usia 2-5 tahun adalah Play-Doh. Mainan klasik tak lekang waktu seperti Lego mampu menjaga anak-anak tetap terhibur dengan rata-rata waktu 37 dan 33 menit.

"Walaupun godaannya bagi orangtua untuk memainkan film di piranti digital dengan harapan agar anak mereka tertidur, atkvitas menggunakan mainan, seperti Lego, buku stiker dan permainan perjalanan juga cara yang sangat bagus untuk menjaga mereka tetap sibuk," ungkap Professor Winston.

Ia menambahkan, mengeluarkan mainan yang berbeda secara berkala dijamin dapat membuat anak-anak tetap tenang selama lebih dari 90 menit.

"Mainan yang mencetuskan imajinasi dan mendorong kreatifitas, terbukti menjaga anak-anak tetap sibuk dalam jangka waktu yang berkelanjutan, daripada mainan statis seperti boneka," ungkap Dr Vivian Hill, seorang psikolog edukasional dari Institut Edukasi.

10 Mainan Teratas untuk Dibawa ke Pesawat
1.    Loom Bands
2.    Playdoh
3.    Lego
4.    Top Trumps
5.    Uno
6.    Kartu Aktivitas Usborne
7.    Permainan Perjalanan Magnetik
8.    Aquadoodle
9.    Boneka Jari
10.  Buku stiker

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com