Kompas.com - 05/08/2014, 10:29 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
SUMENEP, KOMPAS.com - Sejak libur lebaran Idul Fitri, harga tiket di tempat wisata pemandian Water Park Sumekar (WPS) di Desa Kasengan, Kecamatan Ganding, Sumenep, Jawa Timur, tiba-tiba naik. Harga tiket sebelum liburan Rp 15.000. Pengelola WPS kemudian menaikkan harganya menjadi Rp 20.000 per orang. Harga tiket itu juga berlaku bagi anak-anak di atas usia 2 tahun.

WPS yang juga satu-satunya kolam pemandian terbesar di Madura, selama libur lebaran padat dikunjungi warga. Terutama Senin (4/8/2014), yang bersamaan dengan lebaran ketupat. Jumlah pengunjung sejak kemarin, per harinya lebih dari 3 ribu orang. Baik anak-anak ataupun orang dewasa.

Abdul Hadi, penjaga loket penjualan tiket menuturkan, peningkatan jumlah pengunjung terjadi sejak usai lebaran Idul Fitri. Pengunjung yang datang tidak hanya dari pulau Madura saja, melainkan juga dari Jawa dan luar Jawa yang sedang mudik di Madura. Banyaknya pengunjung tersebut, dimanfaatkan oleh pengelola untuk menaikkan harga tiket demi meraup keuntungan yang lebih besar. "Selama liburan memang kami naikkan harga tiketnya," kata Abdul Hadi.

Naiknya harga tiket itu cukup mengejutkan warga. Salah satunya Nurul Qomariah, warga asal Kabupaten Sampang. Sebelum puasa kemarin, dirinya bersama puluhan muridnya berkunjung ke WPS. Harga tiketnya belum naik. "Tiketnya kok tiba-tiba naik. Padahal tidak ada perubahan di dalam WPS," kata perempuan yang juga guru TK ini.

Hal senada disampaikan Intan Aulia, warga asal Pamekasan. Harga tiket antara anak-anak dan dewasa semuanya disamaratakan. Seharusnya harganya dibedakan seperti di tempat-tempat wisata lainnya di Jawa. Paling tidak, naiknya harga tiket diikuti dengan tambahan hiburan di dalamnya. "Hiburannya selain berenang di kolam dan melihat macam-macam satwa, juga ada orkes dangdut. Itu kurang menarik," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.