Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prospek Pariwisata Indonesia Cerah

Kompas.com - 05/08/2014, 11:35 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - The World Travel & Tourism Council (WTTC) memperkirakan di tahun 2014 Indonesia berpeluang mencapai pertumbuhan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebesar 14,2 persen dan wisatawan nusantara (wisnus) 6,3 persen.

Oleh karena itu, kontribusi sektor pariwisata terhadap perekonomian nasional diperkirakan akan mencapai 8,1 persen. "Prospek pariwisata Indonesia ke depan semakin cerah," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu dalam siaran pers yang diterima Senin (4/8/2014).  

Dalam kelompok G-20, Indonesia dinilai termasuk salah satu negara dengan pertumbuhan pariwisata tertinggi, serta berhasil memanfaatkan momentum membaiknya pariwisata dunia. Tahun 2014, wisatawan dunia diperkirakan tumbuh antara 4-4,5 persen.
 
Sementara itu Data BPS menyebutkan, laju pertumbuhan PDB pariwisata dari 3 sektor utama (hotel, restoran, serta jasa rekreasi dan hiburan) pada triwulan I (Januari – Maret) 2014 sebesar 6,86 persen atau berada di laju pertumbuhan PDB nasional triwulan I/2014 sebesar 5,21 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com