Prospek Pariwisata Indonesia Cerah

Kompas.com - 05/08/2014, 11:35 WIB
Taman Ujung di Karangasem, Bali. KOMPAS.COM/NI LUH MADE PERTIWI FTaman Ujung di Karangasem, Bali.
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - The World Travel & Tourism Council (WTTC) memperkirakan di tahun 2014 Indonesia berpeluang mencapai pertumbuhan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebesar 14,2 persen dan wisatawan nusantara (wisnus) 6,3 persen.

Oleh karena itu, kontribusi sektor pariwisata terhadap perekonomian nasional diperkirakan akan mencapai 8,1 persen. "Prospek pariwisata Indonesia ke depan semakin cerah," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu dalam siaran pers yang diterima Senin (4/8/2014).  

Dalam kelompok G-20, Indonesia dinilai termasuk salah satu negara dengan pertumbuhan pariwisata tertinggi, serta berhasil memanfaatkan momentum membaiknya pariwisata dunia. Tahun 2014, wisatawan dunia diperkirakan tumbuh antara 4-4,5 persen.
 
Sementara itu Data BPS menyebutkan, laju pertumbuhan PDB pariwisata dari 3 sektor utama (hotel, restoran, serta jasa rekreasi dan hiburan) pada triwulan I (Januari – Maret) 2014 sebesar 6,86 persen atau berada di laju pertumbuhan PDB nasional triwulan I/2014 sebesar 5,21 persen.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X