Pengunjung Candi Muaro Jambi Naik

Kompas.com - 05/08/2014, 17:41 WIB
Pengunjung melihat Candi Gumpung di kompleks Candi Muaro Jambi di Kabupaten Muaro Jambi, Jambi, Desember 2013 lalu. KOMPAS/HERU SRI KUMOROPengunjung melihat Candi Gumpung di kompleks Candi Muaro Jambi di Kabupaten Muaro Jambi, Jambi, Desember 2013 lalu.
EditorI Made Asdhiana
MUARO JAMBI, KOMPAS — Wisatawan yang berkunjung ke percandian Muaro Jambi di Kabupaten Muaro, Jambi, sekitar 48.000 orang selama liburan Lebaran ini. Padahal, pada periode yang sama tahun 2013, jumlahnya hanya 37.000 orang. Namun, peningkatan kunjungan belum diiringi dengan pengamanan di sekitar situs tersebut.

Hal itu dikatakan Zubaidit, penjaga Situs Muaro Jambi, Senin (4/8/2014). Di kompleks Candi Gumpung sebagai lokasi utama situs, pengunjung dihibur dengan hiburan musik yang dikelola Paguyuban Pemuda Peduli Candi Muaro Jambi. Selain itu, wisatawan juga dapat berkeliling candi dengan menyewa sepeda dan becak.

Padatnya pengunjung di peninggalan Melayu Kuno itu belum diiringi pengamanan situs yang memadai. Kompleks tersebut hanya dijaga empat personel. Akibatnya, banyak pengunjung berkeliaran di dalam situs, menginjak-injak menapo (tumpukan bata berstruktur candi) di sekitarnya. ”Hal itu dikhawatirkan merusak sejumlah peninggalan bersejarah yang masih belum diangkat hingga kini,” katanya.

Andi, wisatawan asal Kota Jambi, mengunjungi percandian bersama keluarga besarnya. ”Kebetulan keluarga sedang berkumpul, jadi kami datang ke sini,” ujarnya.

Situs Muaro Jambi disinyalir ada sejak abad VII, sebagai pusat pendidikan penganut Buddha. Keberadaannya di masa lalu diyakini sebagai salah satu universitas agama Buddha terbesar setelah Nalanda di India. Saat ini, dari sekitar 90 candi dan menapo yang telah diinventarisasi, baru belasan yang diangkat. (ITA)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X