Kompas.com - 06/08/2014, 18:07 WIB
Martabak Alay Kompas.com/MichaelMartabak Alay
Penulis Michael
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
KOMPAS.com - Jika mendengar kata "alay" mungkin yang pertama terpikir adalah orang-orang senang menggunakan gaya penulisan seperti "aQo3h", "k4m0eh", dan sebagainya. Namun, jangan berprasangka buruk terlebih dahulu, kata "alay" tidak selamanya negatif apalagi menyangkut makanan khas yang satu ini.

Ya, nama martabak ini adalah Martabak Manis Bangka Alay. Warga Jakarta Barat seperti Kemanggisan dan Tanjung Duren pasti familiar dengan martabak yang satu ini karena memang terletak di Jalan Tanjung Duren Selatan 3.

Jadi kenapa namanya Alay? Setelah ditelusuri ternyata pemiliknya bernama Alay atau demikian dia sering dipanggil.

"Ya itu nama martabaknya dari nama saya," ujar Alay.  

Martabak Alay menjual berbagai varian martabak dari martabak wijen, cokelat kacang, dan keju. Bahkan, di sini Anda bisa pesan martabak setengah-setengah, yaitu martabak setengah keju dan setengah cokelat kacang. Selain itu ada martabak polos yang tidak diisi apa-apa.

Alay tidak tanggung-tanggung dalam menyajikan martabaknya. Mentega, keju, cokelat, dan  kacang yang digunakan sangat banyak sehingga martabak ini begitu padat. Belum lagi tekstur martabaknya begitu empuk. Rasa manis dari cokelat kacang dan gurihnya keju dapat dirasakan di setiap gigitan. Enak untuk dimakan panas-panas ataupun dingin setelah disimpan di lemari es.

Jadi mengapa martabak ini lebih istimewa dibanding martabak yang lain? "Karena kita sudah buka sejak 35 tahun yang lalu," tutur Alay.

Hal itu yang menjadi keistimewaan Martabak Alay karena telah melegenda dan menjadi favorit masyarakat sekitar. Jika Anda mencari kudapan malam hari, Anda dapat membeli Martabak Alay yang buka pukul 5 sore sampai 12 malam.

Harga yang dipatok pun standar yaitu mulai dari Rp 30.000 sampai sekitar Rp 40.000, dengan porsi yang memuaskan. Silahkan datang dan rasakan sendiri nikmatnya Martabak Manis Bangka Alay nan legit.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X