Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyuwangi Gelar "Kite Surfing" di Pulau Tabuhan

Kompas.com - 08/08/2014, 09:06 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Kabupaten Banyuwangi akan menggelar Summer Kite Surfing Camp pada 9-10 Agustus 2014 di Pulau Tabuhan yang terletak di Banyuwangi Utara. Menurut Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas kepada Kompas.com, di Banyuwangi, Kamis (7/8/2014), Pulau Tabuhan mempunyai potensi alam yang masih belum banyak diketahui orang.

"Untuk ke Pulau Tabuhan harus menyeberang dengan perahu dari Pantai Bangsring, Kecamatan Wongsorejo. Pulau Tabuhan sendiri mempunyai pasir putih yang halus, air laut yang jernih serta biota laut yang indah. Kita sengaja mengemas kite surfing (selancar layang) dan wind surfing (selancar angin) yang saat ini digandrungi oleh pecinta olahraga air," jelasnya.

Pemkab Banyuwangi mengklaim, kegiatan tersebut akan di ikuti 36 kite surfing asing yang berasal dari berbagai negara seperti Austria, Jerman, Perancis, Singapura, Thailand, Hongkong dan Australia, termasuk atlet dari Bali Kite Surf Club . "Semoga event ini bukan hanya sekadar promosi wisata tapi juga menjadikan Pulau Tabuhan menjadi tujuan utama bagi komunitas kite surfing dan wind surfing internasional," katanya.

Bupati Anas juga mengatakan kegiatan tersebut merupakan kolaborasi dengan pihak swasta yaitu Banyuwangi Bangsring Breeze. "Pemerintah daerah hanya bantu promosinya. Ini salah satu bentuk private partnership dalam menggerakkan sektor pariwisata yang muaranya adalah menggerakkan perekonomian masyarakat," ujarnya.

Ajang ini merupakan pemanasan sebelum agenda sesungguhnya, yakni International Event Kitesurfing and Windsurfing Competition pada 2015, digelar pada tahun depan. “Event tersebut akan dimasukkan dalam rangkaian Banyuwangi Festival 2015,” tambah Bupati Anas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com