Kompas.com - 08/08/2014, 10:17 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Jember Fashion Carnaval (JFC) akan segera digelar pada tanggal 23 Agustus 2014. Rangkaian karnaval yang berlangsung selama 4 hari ini akan diadakan di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

“JFC ini merupakan karnaval peringkat 4 terunik di dunia. Tahun ini, akan ada catwalk sejauh 2 km di jalan utama Kota Jember,” kata  Ketua DPP Asosiasi Karnaval Indonesia (AKARI), Dyand Fariz dalam konfrensi pers di Balairung Soesilo Soedarman, Kemenparekraf, Jakarta, Kamis (7/8/2014).

Dyand menjelaskan, pada JFC tahun ini AKARI juga menyelenggarakan sebuah acara bertajuk Wonderful Archipelago Carnaval Indonesia (WACI). Tim dari karnaval ini terdiri dari 7 provinsi yaitu Jawa Timur, DKI Jakarta, Bali, Kepulauan Riau, Kalimantan Timur, Jawa Tengah, dan Kepulauan Bangka Belitung. Setiap tim terdiri dari 50 orang dan akan melintasi jalur catwalk utama sepanjang 2 km.

“Di hari pertama akan ada karnaval untuk anak-anak, kemudian hari kedua ada karnaval dengan tema artwear. Hari ketiga ada WACI, dan hari terakhir akan diadakan acara utama yaitu Grand Carnival,” ucap Dyand.

Selama rangkaian acara berlangsung, akan diselenggarakan juga JFC Expo. Menurut Dyand, dalam JFC Expo ini akan ada pameran produk kreatif anak muda dan kuliner dari beberapa provinsi yang ikut serta.

“Tentunya para wisatawan yang hadir juga mencari kuliner dari berbagai daerah, oleh sebab itu diadakan JFC Expo ini,” jelas Dyand.

Dyand berharap, melalui WACI dan JFC ini bisa menjadi sarana promosi wisata Indonesia hingga ke luar negeri. Festival bertaraf internasional ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah-daerah lain untuk semakin mengembangkan potensi wisata dalam bentuk karnaval.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.