Kompas.com - 10/08/2014, 17:21 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
PINRANG, KOMPAS.com - Anda pernah menikmati atau mencicipi lezatnya masakan khas Palakko atau Nasu Palakko? Masakan khas Pinrang, Sulawesi Selatan yang menggunakan bahan baku itik segar dipadu dengan aneka rempah-rempah lokal yang lezat ini dipercaya bisa menambah vitalitas. Tidak lama lagi nasu palakko bakal menjadi masakan nusantara atau masakan nasional.

Adalah Sekolah Tinggi Pariwisata Makassar yang mengusulkan masakan khas Palakko atau nasu palakko menjadi salah satu masakan nusantara setara dengan coto makassar, bubur manado, dodol garut.

Masakan khas yang populer dan dijajakan warga Pinrang di berbagai warung kaki lima, rumah makan sampai restoran berkelas ini dengan mudah ditemui hampir di setiap ruas jalan di Pinrang.  Kalau Anda pernah melintas di Kabupaten Pinrang, pasti mudah menemukan nasu palakko.   Suasana warung yang dikemas dengan menarik semakin membuat nasu palakko kian populer sebagai masakan rakyat yang lezat.

Pengelola Sekolah Tinggi Pariwisata Makassar, Arifin, mengatakan pihaknya telah mengajukan masakan khas warga Pinrang ini sebagai salah satu masakan nasional. Ia berharap nasu palakko bakal segera diakui sebagai salah satu masakan khas nusantara. Nasu palakko mengandalkan bahan baku itik segar yang dipanggang sebelum direbus dan dipadu dengan aneka bumbu lokal seperti merica, cabai, ketumbar, bawang merah dan putih, kunyit, pala, dan lengkuas.

Menurut Arifin, nasu palakko kini telah berkembang ke daerah lain seperti Sidrap, Makassar, Polewali di Sulawesi Barat, dan daerah lainnya. Asal usul nasu palakko pertama kali dipopulerkan warga Pinrang sejak puluhan tahun lalu.

KOMPAS.COM/JUNAEDI Masakan Palakko atau nasu Palakko, salah satu masakan khas Bugis Pinrang, Sulawesi Selatan yang menggunakan bahan baku itik segar dipadu dengan aneka bumbu lokal kini diusulkan menjadi salah satu masakan khas nusantara.
Arifin memaparkan, racikan palakko khas Pinrang ini punya cita rasa dan aroma khas yang tak bisa ditiru di tempat lain. Arifin berharap salah satu literatur masakan nusantara khas Suku Bugis di Pinrang ini bakal segera mendapat hak paten dan diakui sebagai salah satu masakan nusantara untuk memperkaya khasanah masakan Indonesia.

Salah satu alasan warga Pinrang berhak mengklaim masakan palakko sebagai masakan khas Suku Bugis Pinrang ini, lanjut Aridin, selain karena masakan ini pertama kali dipopulerkan di Pinrang juga telah menjadi industri kuliner di kota dan di desa-desa di Pinrang sejak puluhan tahun lalu, sebelum banyak daerah lainnya mengenal masakan khas ini.

“Saya optimis masakan Palakko khas Pinrang ini bakal mendapat pengakuan nasional sebagai salah satu masakan nusantara yang berasal dari Pinrang. Itu artinya perbendaharaan masakan nusantara kita akan semakin bertambah dan semakin kaya,” ujar Arfin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.