Kompas.com - 13/08/2014, 10:23 WIB
EditorI Made Asdhiana
JAYAPURA, KOMPAS.com - Menko Kesra Agung Laksono menegaskan Sail Raja Ampat di Provinsi Papua Barat, siap dilaksanakan sesuai jadwal mulai 23 Agustus 2014 karena seluruh persiapannya sudah dirampungkan. "Seluruh persiapan sudah selesai sehingga kegiatan tersebut dapat dilaksanakan sesuai jadwal," kata Agung Laksono di Jayapura, Senin (11/8/2014).

Menurut Menko Kesra, Sail Raja Ampat akan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, diisi dengan parade kapal sejumlah negara sahabat yang dipusatkan di Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

Presiden Yudhoyono, kata Menko Kesra, selain menyaksikan parade kapal juga akan melakukan sejumlah kegiatan termasuk meresmikan sejumlah proyek pembangunan di kawasan itu.

Untuk menyukseskan kegiatan tersebut, sejak dua tahun terakhir pemerintah sudah menyalurkan dana sekitar Rp 1,5 triliun termasuk untuk pembangunan lapangan terbang dan demaga serta rumah sakit.

Khusus untuk rumah sakit, karena daya tarik utama Raja Ampat adalah laut maka fasilitas kesehatan itu disiapkan mampu menangani berbagai kasus kecelakaan laut terutama selam.

Sementara itu Komandan Lantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Gatot Triswanto mengatakan, saat ini baru dua negara yang sudah menyatakan kepastiannya untuk mengikuti Sail Raja Ampat 2014 yakni Australia dan Amerika Serikat.

Sedangkan Tiongkok, India, Thailand, Singapura dan lainnya kendati sudah menyatakan keikutsertaan, lanjut Gatot, namun belum dapat dipastikan berapa banyak dan nama-nama kapal yang akan mengikuti "sailing" atau parade kapal nanti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.