Pariwisata Indonesia Siap Hadapi MEA 2015

Kompas.com - 13/08/2014, 13:52 WIB
Wisman di Pulau Rinca, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Selasa (12/5/2014). KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANAWisman di Pulau Rinca, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Selasa (12/5/2014).
EditorI Made Asdhiana
DENPASAR, KOMPAS.com - Industri pariwisata Indonesia melakukan berbagai upaya dan persiapan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 dengan harapan mampu memenangi persaingan di kawasan Asia Tenggara.

"Proses ke arah sertifikasi kompetensi pekerja pariwisata sudah bergulir , tetapi kendala yang terdengar banyak sekali, misalnya karyawan tidak memiliki biaya melakukan uji kompetensi," kata Kepala Program Studi Magister Kajian Pariwisata Universitas Udayana, Prof Dr I Nyoman Darma Putra, di Denpasar, Rabu (13/8/2014).

TRIBUN BALI/ANDRIANSYAH Seorang pemandu wisata menjemput wisatawan di terminal kedatangan internasional Bandara Ngurah Rai, Bali, Rabu (12/3/2014). Kunjungan wisatawan ke Bali masih terpantau ramai menjelang Hari Raya Nyepi.
Menurut Darma Putra, pekerja bidang pariwisata di Indonesia itu memandang uji kompetensi kurang bermanfaat karena sertifikasi tidak serta merta meningkatkan pendapatkan mereka. Sementara itu perusahaan yang mempekerjakan mereka tidak dalam posisi untuk membiayai proses sertifikasi.

Selain itu juga dikhawatirkan sertifikasi tidak akan serta merta menjadi komponen pertimbangan dalam gaji. Darma Putra menambahkan, berbagai masalah itu dapat menghambat industri pariwisata bersiap memasuki era MEA 2015 nanti.



Sumber Antara
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X