Kompas.com - 13/08/2014, 17:09 WIB
Macan di Batu Secret Zoo, Jawa Timur. Dok. Batu Secret ZooMacan di Batu Secret Zoo, Jawa Timur.
EditorNi Luh Made Pertiwi F
JAKARTA, KOMPAS.com - Kebun binatang Batu Secret Zoo yang berada di Jatim Park 2, Batu, Jawa Timur masuk dalam daftar kebun binatang terfavorit di Asia.  Daftar tersebut dirilis oleh TripAdvisor, sebuah situs perjalanan yang memuat ulasan-ulasan dari pelancong seluruh dunia.

Dalam penghargaan "Travellers’ Choice" tersebut, untuk kategori kebun binatang dan akuarium di seluruh dunia terdapat total 275 pemenang terpilih, termasuk 25 teratas dunia dan daftar khusus untuk Asia, Kanada, Eropa, India, Amerika Selatan, Pasifik Selatan, Inggris dan Amerika Serikat. Batu Secret Zoo dan Bali Zoo di Indonesia masuk dalam daftar 25 kebun binatang teratas di Asia.

Batu Secret Zoo sendiri terdaftar sebagai kebun binatang terfavorit nomor 5 di Asia. Sebuah ulasan di TripAdvisor mengatakan, “Kebun binatang terbaik yang pernah saya kunjungi! Kebun binatang ini memiliki berbagai macam koleksi binatang dari seluruh dunia yang ditampilkan dengan suasana yang sangat ramah, bersih, dan binatang-binatang yang sehat dan terawat dengan baik.”

Pemenang dari Indonesia lainnya adalah Bali Zoo, berada di posisi 19 dalam daftar kebun binatang teratas di Asia. Penghargaan "Travellers’ Choice" menetapkan tempat wisata terkemuka di seluruh dunia berdasarkan jutaan ulasan dan opini penting dari wisatawan di TripAdvisor. Pemenang ditentukan menggunakan algoritma yang memperhitungkan kuantitas dan kualitas dari ulasan untuk kebun binatang dan akuarium di seluruh dunia, dikumpulkan dalam periode 12 bulan.

 “Bagi mereka yang ingin melihat ciptaan paling menakjubkan di dunia, TripAdvisor memiliki daftar kebun binatang dan akuarium versi Travellers’ Choice, yang telah dipilih oleh jutaan masyarakat,” tutur Chief Marketing Officer dari TripAdvisor Barbara Messing, seperti termuat dalam keterangan tertulis.

“Wisatawan dapat menikmati pengalaman yang menyenangkan dan mendidik di atraksi-atraksi pemenang penghargaan populer seluruh dunia.”

Sementara itu, Jepang memiliki pemenang penghargaan paling banyak untuk kategori kebun binatang dan akuarium di wilayah regional. Total ada sepuluh kebun binatang dan tujuh belas akuarium tercatat dalam 25 daftar teratas Asia. Osaka Aquarium Kaiyukan di Osaka terpilih sebagai akuarium terbaik di Asia sedangkan Asahiyama Zoo di Hokkaido meraih posisi ke-7 di Asia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan Singapore Zoo, kebun binatang dari Singapura, berhasil menempati kebun binatang terfavorit kelima di dunia. Hal ini menempatkan Singapore Zoo sebagai satu-satunya kebun binatang dari Asia yang berada dalam daftar 10 besar.

Kebun Binatang Terfavorit di Asia
1. Singapore Zoo, Singapura
2. KhaoKheow Open Zoo, Pattaya, Thailand
3. Sri Chamarajendra Zoological Gardens, Mysore Zoo, Mysore, India
4. ChimelongXiangjiang Safari Park, Guangzhou, Tiongkok
5. Batu Secret Zoo, Batu, Indonesia
6. Taipei Zoo, Taipei, Taiwan
7. Asahiyama Zoo, Hokkaido, Jepang
8. Ueno Zoo, Tokyo, Jepang
9. Adventure World, Nishimuro-gun, Jepang
10. Dalian Forest Zoo, Dalian, Tiongkok

Akuarium Terfavorit di Asia
1. Osaka Aquarium Kaiyukan, Osaka, Jepang
2. Okinawa Churaumi Aquarium, Okinawa, Jepang
3. Siam Ocean World, Bangkok, Thailand
4. Aquaria KLCC, Kuala Lumpur, Malaysia
5. National Museum of Marine Biology and Aquarium, Pingtung, Taiwan
6. Port of Nagoya Public Aquarium, Nagoya, Jepang
7. S.E.A. Aquarium, Sentosa, Singapura
8. Okichan Dolphin Theatre, Kunigami-gun, Jepang
9. Aqua World Ibaraki Oarai Aquarium, Oarai-machi, Jepang
10. Coex Aquarium, Seoul, Korea Selatan



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.