Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batu Secret Zoo, Kebun Binatang Terfavorit di Asia

Kompas.com - 13/08/2014, 17:09 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Kebun binatang Batu Secret Zoo yang berada di Jatim Park 2, Batu, Jawa Timur masuk dalam daftar kebun binatang terfavorit di Asia.  Daftar tersebut dirilis oleh TripAdvisor, sebuah situs perjalanan yang memuat ulasan-ulasan dari pelancong seluruh dunia.

Dalam penghargaan "Travellers’ Choice" tersebut, untuk kategori kebun binatang dan akuarium di seluruh dunia terdapat total 275 pemenang terpilih, termasuk 25 teratas dunia dan daftar khusus untuk Asia, Kanada, Eropa, India, Amerika Selatan, Pasifik Selatan, Inggris dan Amerika Serikat. Batu Secret Zoo dan Bali Zoo di Indonesia masuk dalam daftar 25 kebun binatang teratas di Asia.

Batu Secret Zoo sendiri terdaftar sebagai kebun binatang terfavorit nomor 5 di Asia. Sebuah ulasan di TripAdvisor mengatakan, “Kebun binatang terbaik yang pernah saya kunjungi! Kebun binatang ini memiliki berbagai macam koleksi binatang dari seluruh dunia yang ditampilkan dengan suasana yang sangat ramah, bersih, dan binatang-binatang yang sehat dan terawat dengan baik.”

Pemenang dari Indonesia lainnya adalah Bali Zoo, berada di posisi 19 dalam daftar kebun binatang teratas di Asia. Penghargaan "Travellers’ Choice" menetapkan tempat wisata terkemuka di seluruh dunia berdasarkan jutaan ulasan dan opini penting dari wisatawan di TripAdvisor. Pemenang ditentukan menggunakan algoritma yang memperhitungkan kuantitas dan kualitas dari ulasan untuk kebun binatang dan akuarium di seluruh dunia, dikumpulkan dalam periode 12 bulan.

 “Bagi mereka yang ingin melihat ciptaan paling menakjubkan di dunia, TripAdvisor memiliki daftar kebun binatang dan akuarium versi Travellers’ Choice, yang telah dipilih oleh jutaan masyarakat,” tutur Chief Marketing Officer dari TripAdvisor Barbara Messing, seperti termuat dalam keterangan tertulis.

“Wisatawan dapat menikmati pengalaman yang menyenangkan dan mendidik di atraksi-atraksi pemenang penghargaan populer seluruh dunia.”

Sementara itu, Jepang memiliki pemenang penghargaan paling banyak untuk kategori kebun binatang dan akuarium di wilayah regional. Total ada sepuluh kebun binatang dan tujuh belas akuarium tercatat dalam 25 daftar teratas Asia. Osaka Aquarium Kaiyukan di Osaka terpilih sebagai akuarium terbaik di Asia sedangkan Asahiyama Zoo di Hokkaido meraih posisi ke-7 di Asia.

Sedangkan Singapore Zoo, kebun binatang dari Singapura, berhasil menempati kebun binatang terfavorit kelima di dunia. Hal ini menempatkan Singapore Zoo sebagai satu-satunya kebun binatang dari Asia yang berada dalam daftar 10 besar.

Kebun Binatang Terfavorit di Asia
1. Singapore Zoo, Singapura
2. KhaoKheow Open Zoo, Pattaya, Thailand
3. Sri Chamarajendra Zoological Gardens, Mysore Zoo, Mysore, India
4. ChimelongXiangjiang Safari Park, Guangzhou, Tiongkok
5. Batu Secret Zoo, Batu, Indonesia
6. Taipei Zoo, Taipei, Taiwan
7. Asahiyama Zoo, Hokkaido, Jepang
8. Ueno Zoo, Tokyo, Jepang
9. Adventure World, Nishimuro-gun, Jepang
10. Dalian Forest Zoo, Dalian, Tiongkok

Akuarium Terfavorit di Asia
1. Osaka Aquarium Kaiyukan, Osaka, Jepang
2. Okinawa Churaumi Aquarium, Okinawa, Jepang
3. Siam Ocean World, Bangkok, Thailand
4. Aquaria KLCC, Kuala Lumpur, Malaysia
5. National Museum of Marine Biology and Aquarium, Pingtung, Taiwan
6. Port of Nagoya Public Aquarium, Nagoya, Jepang
7. S.E.A. Aquarium, Sentosa, Singapura
8. Okichan Dolphin Theatre, Kunigami-gun, Jepang
9. Aqua World Ibaraki Oarai Aquarium, Oarai-machi, Jepang
10. Coex Aquarium, Seoul, Korea Selatan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com