Kompas.com - 14/08/2014, 17:53 WIB
EditorI Made Asdhiana
TERNATE, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara (Malut), mengandalkan potensi wisata bahari untuk menarik kunjungan wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri untuk berkunjung ke daerah penghasil nikel itu.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Halmahera Timur, Jainandar ketika dihubungi dari Ternate, Kamis (14/8/2014), mengatakan sedikitnya ada tiga obyek wisata bahari yang diandalkan untuk menarik wisatawan berkunjung ke daerah itu.

Ketiga obyek wisata bahari tersebut adalah Pantai Tapalo, Pulau Oto, dan Pulau Kedi, yang selain memiliki panorama pantai pasir putih yang indah, juga di perairan sekitarnya terdapat panorama bawah laut yang menawan.

Menurut Jainadar, dari tiga obyek wisata tersebut, yang sudah dikembangkan Pemkab Halmahera Timur adalah Pantai Tapalo. Di sana sudah dilengkapi sejumlah fasilitas penunjang, seperti tempat peristirahatan dan "banana boat".

Di Pulau Oto dan Pulau Kedi, Pemkab Halmahera Timur belum membangun fasilitas penunjang yang memadai. Namun selama ini banyak masyarakat Halmahera Timur, termasuk wisatawan dari luar yang berkunjung ke kedua obyek wisata itu karena tertarik dengan keindahannya.

"Pemkab Halmahera Timur terus mempromosikan keberadaan tiga obyek wisata bahari tersebut kepada wisatawan dalam dan luar negeri maupun investor yang diharapkan mau menanamkan modal dalam pengembangnannya," katanya.

Sejumlah investor asing, di antaranya dari Inggris tertarik mengembangkan tiga obyek wisata bahari andalan Halmahera Timur tersebut. Dalam waktu dekat, investor tersebut datang ke Haltim untuk survei lapangan.

Jainadar menambahkan, Pemkab Halmahera Timur terus berupaya meningkatkan kapasitas Bandara Buli agar bisa dilayani pesawat berbadan lebar untuk memudahkan wisatawan berkunjung ke daerah itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.