Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Halmahera Timur Andalkan Wisata Bahari Tarik Wisatawan

Kompas.com - 14/08/2014, 17:53 WIB
TERNATE, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara (Malut), mengandalkan potensi wisata bahari untuk menarik kunjungan wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri untuk berkunjung ke daerah penghasil nikel itu.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Halmahera Timur, Jainandar ketika dihubungi dari Ternate, Kamis (14/8/2014), mengatakan sedikitnya ada tiga obyek wisata bahari yang diandalkan untuk menarik wisatawan berkunjung ke daerah itu.

Ketiga obyek wisata bahari tersebut adalah Pantai Tapalo, Pulau Oto, dan Pulau Kedi, yang selain memiliki panorama pantai pasir putih yang indah, juga di perairan sekitarnya terdapat panorama bawah laut yang menawan.

Menurut Jainadar, dari tiga obyek wisata tersebut, yang sudah dikembangkan Pemkab Halmahera Timur adalah Pantai Tapalo. Di sana sudah dilengkapi sejumlah fasilitas penunjang, seperti tempat peristirahatan dan "banana boat".

Di Pulau Oto dan Pulau Kedi, Pemkab Halmahera Timur belum membangun fasilitas penunjang yang memadai. Namun selama ini banyak masyarakat Halmahera Timur, termasuk wisatawan dari luar yang berkunjung ke kedua obyek wisata itu karena tertarik dengan keindahannya.

"Pemkab Halmahera Timur terus mempromosikan keberadaan tiga obyek wisata bahari tersebut kepada wisatawan dalam dan luar negeri maupun investor yang diharapkan mau menanamkan modal dalam pengembangnannya," katanya.

Sejumlah investor asing, di antaranya dari Inggris tertarik mengembangkan tiga obyek wisata bahari andalan Halmahera Timur tersebut. Dalam waktu dekat, investor tersebut datang ke Haltim untuk survei lapangan.

Jainadar menambahkan, Pemkab Halmahera Timur terus berupaya meningkatkan kapasitas Bandara Buli agar bisa dilayani pesawat berbadan lebar untuk memudahkan wisatawan berkunjung ke daerah itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com