Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gyokuro, Spesialis Green Tea dari Negeri Samurai

Kompas.com - 16/08/2014, 11:09 WIB
Michael

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda penggemar teh dan menyukai jenis green tea tapi bosan dengan gerai-gerai yang menjual teh dengan rasa yang tidak sesuai aslinya? Tempat yang satu ini bisa menjadi tempat anda menambatkan hati untuk urusan teh hijau. Nama tempatnya adalah Gyokuro, yang mengklaim sebagai “The Green Tea Specialist”.

Nama Gyokuro diambil dari teh premium Jepang yang dinobatkan sebagai teh hijau terbaik yang dimiliki oleh negara matahari terbit itu. Tidak heran jika anda dapat menemukan teh tersebut di dalam menu yang disediakan.

Selain itu, ada jenis teh hijau lain yang disediakan di gerai ini yaitu Sencha dan Genmaicha. Sencha adalah jenis teh hijau yang paling populer di Jepang dan menjadi representasi 80 persen teh yang diproduksi di sana.  Jenis ini ditanam di bawah sinar matahari dan mengandung rasa manis dan pahit serta aroma yang menyegarkan.

KOMPAS.COM/MICHAEL Konter Gyokuro tempat untuk melakukan pemesanan.
Sementara Genmaicha juga dikenal sebagai “teh berondong jagung” berasal dari jenis Sencha dengan perbedaan proses pembuatannya yaitu dicampur dengan gabah panggang. Selama dipanggang, merupakan hal yang biasa jika berasnya meletup, dari situ lah nama teh berondong jagung berasal. Ada sedikit rasa pedas di jenis teh yang satu ini.

Anda dapat menikmati teh panas dari ketiga jenis teh tersebut dengan harga Rp 20.000 untuk Gyokuro dan Rp 8.000 untuk Sencha dan Genmaicha.

Selain itu di sini juga menyediakan berbagai minuman lain yang menggunakan teh hijau sebagai bahan dasarnya. Ada Ice Ocha (Sencha/Genmaicha), Ice Matcha yaitu minuman teh hijau yang dapat dicampur dengan soda dan whip cream, Matcha Latte/Frappe yang menggunakan susu dengan pilihan susu segar atau susu rendah lemak. Harga berkisar antara Rp 14.000 sampai Rp 23.000.

KOMPAS.COM/MICHAEL Tiga jenis teh utama di Gyokuro yaitu Sencha, Genmaicha, dan Gyokuro.
Untuk menemani minuman anda, di sini juga disediakan tiga jenis dessert yaitu Parfait, Ice Cream/Froyo dan Waffle Ice Cream yang juga berbahan dasar teh hijau. Parfait adalah susunan es krim matcha, kopi jelly, cornflakes, kacang merah dengan dua mochi putih besar dan dua astor sebagai pemanis di atasnya.

Sedangkan es krim yang disediakan oleh Gyokuro ada tiga jenis yaitu es krim matcha, vanila atau twist yaitu campuran matcha dan vanila.

Waffle Ice Cream lebih unik karena tidak menggunakan piring untuk penyajiannya, melainkan menggunakan kepingan waffle garing yang dibentuk seperti mangkuk dan diisi dengan es krim dan topping lain. Untuk harga Parfait dipatok Rp 35.000 dan Rp 15.000 per scoop untuk es krimnya, sementara Waffle Ice Cream sekitar dua puluh ribuan.

Matcha Latte yang saya pesan dengan topping es krim matcha tidak terlalu manis. Rasa teh hijau sangat terasa, setelah rasa manis mendarat di lidah segera diganti dengan rasa pahit teh hijau yang menyegarkan.

KOMPAS.COM/MICHAEL Matcha Frappe dengan susu segar dan es krim matcha sebagai toppingnya.
Saya juga meminta supaya minuman saya dikocok dan bukan diblender supaya rasa susu dan teh tidak terlalu menyatu. Tidak lupa saya memesan Parfait yang direkomendasikan dan tidak mengecewakan. Tampilan gambar dan wujud aslinya sangat mirip, menunjukkan konsistensi Gyokuro dalam hal penghidangan. Rasa manis pahit es krim matcha, dicampur dengan cornflakes yang asin, kacang merah yang manis dan kopi jelly berpadu dengan indah di lidah saya.

Gerai Gyokuro berada di depan Sogo di lantai dua bagian timur Mal @ Alam Sutera, Tangerang, menjadi cabang pertama di Indonesia. Dengan warna hijau mendominasi gerai ini membuat kesan teh hijau sangat kental di Gyokuro. Selain itu, gerai tidak pernah tampak sepi karena pengunjung terus datang untuk menikmati hidangan yang disediakan.

Sayangnya, tempat duduk yang disediakan tidak terlalu banyak, dan ruangan tatami (lesehan) hanya muat untuk delapan orang sehingga tidak bisa berlama-lama karena banyaknya orang yang antre untuk duduk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com